Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Saat Hamil Jadi Malas Mandi? Ini Penyebabnya, Moms

Saat Hamil Jadi Malas Mandi? Ini Penyebabnya, Moms

Kehamilan memang membawa banyak perubahan pada seorang wanita. Bukan sekadar perubahan fisik, tapi juga disertai dengan perubahan mental. Salah satu perubahan yang terjadi adalah Anda jadi malas melakukan aktivitas, contohnya mandi.

Moms mungkin pernah mendengar bahwa saat hamil sebagian wanita tiba-tiba jadi merasa enggan mandi. Atau mungkin Anda sendiri justru yang pernah mengalami hal ini? Dan hal ini bisa saja berlanjut bukan semata malas mandi, tetapi juga malas berdandan, hingga melakukan kegiatan lainnya.

Kenapa ibu hamil jadi malas mandi?

Pertanyaannya, wajar enggak sih, bila ibu hamil jadi malas mandi? Sebenarnya, malas mandi dan malas melakukan apa pun merupakan hal yang normal terjadi pada bumil. Yang perlu Anda ketahui, saat hamil, banyak wanita yang merasa tubuhnya jadi lebih mudah lelah sehingga merasa malas melakukan apa pun. Dan, rasa lebih mudah lelah saat hamil itu wajar dialami kok, Moms.

Menurut American Pregnancy Association, hampir semua wanita hamil merasa lebih mudah lelah. Namun tingkat lelah yang dirasakan bisa berbeda-beda antara bumil yang satu dengan yang lain. Ada bumil yang merasa lelah di sepanjang kehamilan, ada yang merasa mudah lelah di beberapa trimester saja, dan ada juga yang hanya merasa sedikit lelah.

Selain itu, secara fisik, wanita yang hamil memang tidak sekuat dan segiat wanita yang tidak hamil. Terlebih, bumil mesti menjaga kandungannya sehingga lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas. Namun, apa sih sebenarnya yang menyebabkan bumil jadi lebih mudah lelah? Ini penyebabnya, Moms.

1. Perubahan hormon. Meningkatnya level progesteron saat hamil menyebabkan bumil jadi mudah lelah dan akhirnya malas melakukan apa pun, termasuk mandi. Tubuh Anda juga menghasilkan lebih banyak darah yang membawa nutrisi untuk janin di dalam perut. Di waktu yang sama, tekanan darah dan gula darah Anda juga menurun.

2. Morning sick. Bagi sebagian bumil, morning sick atau perasaan mual berlebih bisa membuat mereka kehilangan nafsu makan. Tanpa asupan makanan dan gizi yang cukup, bumil sudah pasti akan merasa tidak bertenaga sehingga malas melakukan aktivitas.

3. Kurang istirahat. Ini salah satu gangguan yang kerap dialami bumil. Karena mereka sulit tidur, hal ini tentunya akan berakibat pada kurangnya waktu istirahat. Alhasil, bumil jadi tidak bertenaga.

4. Anemia. Jangan terburu-buru menganggap bumil malas, ya. Karena bisa jadi rasa malas untuk melakukan aktivitas seperti mandi karena ia merasa lemas akibat kekurangan zat besi yang juga jadi problem umum wanita hamil. Karena itu, bumil sebaiknya konsultasikan ini dengan dokter.

5. Berat badan bertambah. Berat badan yang bertambah serta makin beratnya janin dalam kandungan membuat bumil lebih mudah merasa lelah dan malas melakukan apa pun.

Mitos malas mandi pada ibu hamil

Menariknya, kebiasaan bumil yang malas mandi ini sering kali dianggap ia mengandung janin laki-laki. Mitos ini sesungguhnya masih sulit dijelaskan secara ilmiah. Namun, memang kondisi tersebut ada kaitannya dengan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh bumil.

Jika janin yang dikandung laki-laki, akan ada peningkatan hormon testosteron di tubuh bumil. Meningkatnya hormon ini akan menyebabkan kulit bumil lebih berminyak, timbul banyak jerawat di muka, dan penampilan bumil jadi kurang menarik.

Baca juga: Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Laki-Laki

Sebaliknya, jika janin yang dikandung perempuan, akan ada peningkatan hormon estrogen di tubuh bumil yang berimbas pada kulitnya menjadi lebih halus, rambut lebih tebal, dan bumil pun ingin berpenampilan menarik.

Baca juga: Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Perempuan

Namun, kembali lagi, semua hal tersebut tidak bisa dipastikan akan selalu seperti itu, Moms. Meskipun malas berkegiatan, terutama malas mandi, bumil harus ingat bahwa menjaga kebersihan diri merupakan hal penting, agar Anda terhindar dari kemungkinan timbulnya masalah kesehatan yang disebabkan oleh kuman dan bakteri.

Karena itu, meskipun Anda merasa malas, usahakan untuk mandi dan membersihkan tubuh secara rutin selama hamil ya, Moms. (M&B/SW/Foto: Freepik)