Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Alergi? Ini Jawabannya!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Alergi? Ini Jawabannya!

Ada yang bilang, kehamilan memperburuk kondisi alergi seseorang. Apakah itu benar? sudah pasti anggapan seperti itu enggak benar ya, Moms. Namun beberapa bumil memang mengalami penurunan daya tahan tubuh (mungkin karena kurang tidur dan mual muntah saat hamil). Nah, penurunan daya tahan tubuh inilah yang membuat bumil jadi lebih rentan mengalami reaksi alergi pada suatu alergen.

Lalu, apa yang harus bumil lakukan jika mengalami serangan alergi saat sedang hamil? Bolehkah minum obat alergi? Adakah dosis khusus untuk bumil? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ini, Moms.

Baca juga: Kerap Diabaikan, Begini Cara Alergen Masuk ke Tubuh dan Tips Atasi Alergi

Bolehkah ibu hamil minum obat alergi?

Umumnya, orang yang tidak hamil bisa mengonsumsi obat alergi ketika muncul reaksi alergi. Namun, saat Anda hamil, pastikan obat-obatan yang Anda konsumsi sudah disetujui oleh dokter kandungan Anda ya, Moms. Obat alergi banyak jenisnya, salah satu yang paling umum diberikan adalah antihistamin seperti cetirizine.

Pada alergi yang tingkatnya ringan, dokter biasanya akan merekomendasikan antihistamin jenis loratadine dan cetirizine untuk bumil. Namun untuk gejala alergi berat, dokter umumnya akan merekomendasikan semprotan kortikosteroid.

Dosis yang diberikan pun tidak seperti penderita alergi lainnya, khusus ibu hamil, dosis yang diberikan seminim namun seefektif mungkin. Jenis obat alergi semprot yang diberikan untuk bumil adalah budesonide nasal spray, fluticasone nasal spray, atau mometasone nasal spray.

Baca juga: Moms, Ini 5 Tanda Bayi Anda Mengalami Alergi Makanan

Dosis obat alergi untuk ibu hamil

Ya, mengonsumsi antihistamin memang dinilai aman saat hamil, tapi pastikan konsumsinya sudah atas saran dokter kandungan dan dosisnya pun tidak terlalu besar ya, Moms. Umumnya, dokter akan memberikan dosis khusus bumil yang ingin mengonsumsi obat alergi, yaitu 10 mg cetirizine yang diminum sehari sekali, atau 5 mg diminum 2 kali sehari.

Sekali lagi ingat, jangan mengonsumsi obat apa pun tanpa seizin dokter kandungan Anda terlebih dahulu ya, Moms.

Pereda alergi alami

Walaupun obat alergi boleh dikonsumsi bumil, Anda sangat disarankan untuk meredakan alergi dengan cara alami terlebih dahulu. Melansir Mayo Clinic, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakan alergi, yakni:

1. Hindari pencetus alergi. Batasi paparan alergen yang mungkin mencetuskan gejala alergi saat hamil.

2. Saline nasal spray. Ini bisa dibeli di berbagai apotik dan bisa Anda gunakan jika sangat diperlukan. Ini lebih aman daripada mengonsumsi obat alergi.

3. Aktivitas fisik. Jika terjadi inflamasi (bengkak) pada saluran napas, maka olahraga bisa mengurangi gejala alergi yang satu ini.

4. Meninggikan bantal. Berbaringlah di tempat tidur dan tinggikan sandaran kepala Anda 30-45 derajat. Ini efektif untuk meredakan gejala alergi pernapasan. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)