Type Keyword(s) to Search
BABY

Pelajari Perkembangan Bayi Usia 6-12 Bulan

Pelajari Perkembangan Bayi Usia 6-12 Bulan

Menginjak usia 6 sampai 7 bulan, banyak ‘tingkah baru’ Si Kecil yang akan mengejutkan Anda. Dia akan menggunakan gerakan sederhana, seperti menggelengkan kepala untuk menolak sesuatu, atau melambaikan tangannya ketika hendak meninggalkan seseorang. Dia juga mulai gemar meniru gerak tubuh tingkah Anda saat bermain dengannya. Jangan kaget bila tiba-tiba dia meraih sendok atau makanan dari piring Anda, dan menghambur-hamburkannya.

Gigi pertamanya mungkin mulai muncul di usia 7 bulan. Hindari penggunaan botol yang terlalu sering untuk menghindari kerusakan gigi. Di usia ini, Anda juga bisa mulai menyapihnya.
Usia 8 bulan, ia mulai merangkak kesana-kemari mengelilingi ruangan rumah. Jauhkan barang-barang berbahaya dari jangkauannya, seperti barang pecah belah atau perabot kimia. Selain itu, dia juga mulai terbiasa memanggil orangtuanya dengan ungkapan ‘papa’ dan ‘mama’.

Memasuki usia 9 bulan ke atas, ia akan merasa nyaman dengan orang dewasa yang familiar baginya, selain sang ibu. Ia pun sangat hati-hati dengan orang asing. Hobinya mengoceh juga diperkaya dengan banyak artikulasi, seperti ‘mama’ dan ‘baba’. Si Kecil  mulai memahami makna larangan dan mampu menunjuk sebuah objek dengan telunjuknya. Pada usia ini, saatnya Anda melatihnya berbicara, karena dia mulai memahami kata-kata sederhana. Mengajaknya lebih banyak berbicara dapat melatihnya berkomunikasi, dan bantu dia menemukan kata kunci. Yang harus diperhatikan, dia juga sedang memasuki fase oral, di mana dia gemar memasukan apa pun ke dalam mulutnya.

Selain bisa merangkak dan duduk tanpa bantuan, di usia 10-11 bulan Si Kecil mulai belajar berdiri dengan berpegangan tembok. Bahkan, bayi Anda mungkin sedang bersiap untuk belajar berjalan. Tetap ciptakan rasa nyaman dengan memilih popok yang mencegah kotoran menyebar saat dia aktif bergerak. Merries memiliki perekat yang kuat dan permukaan bersikulasi udara dengan lapisan permukaan bergelombang, sehingga udara mengalir dengan leluasa antara popok dan kulit. Merries juga memiliki Point Gather untuk mencegah popok melorot dan tidak membuat bayi sesak di bagian pinggang. (Aulia/Dok.M&B)