Type Keyword(s) to Search
BABY

Bikin Si Kecil Cerdas, Ini 5 Manfaat Bermain untuk Bayi Anda

Bikin Si Kecil Cerdas, Ini 5 Manfaat Bermain untuk Bayi Anda

Banyak orang mengira Si Kecil belum bisa diajak bermain ketika masih bayi. Padahal menurut ahli, sejak usia 1 bulan, bayi sudah bisa diajak bermain, lho! Bermain sejak kecil juga dapat memberikan banyak manfaat bagi Si Kecil, Moms.

Menurut pakar bayi, Luiza DeSouza, saat bermain, Si Kecil melatih gerakan motorik dan koordinasi antara tangan dan matanya. Dengan mengajak bayi bermain, Si Kecil juga akan belajar cara bersosial, mengembangkan kecerdasan berbahasa, dan tentunya belajar mengenal lingkungan sekitar. Selain itu, Moms juga akan meningkatkan waktu bonding Anda dengan Si Kecil.

"Kuncinya sederhana, yakni sabar dan ubah perspektif Anda bahwa bermain hanya mengandalkan alat atau benda semata. Padahal bernyanyi ketika menggantikan popok atau memandikan Si Kecil juga merupakan aktivitas bermain," ujar Luiza. Mau tahu apa saja manfaat bermain untuk bayi? Read on, Moms!

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Enggak mau anak Anda tumbuh menjadi anak yang minder dan pemalu kan, Moms? Maka, ajak anak bermain sejak dini, karena itu bisa meningkatkan rasa percaya dirinya.

2. Meningkatkan konsentrasi

Ternyata melatih konsentrasi anak enggak sulit lho, Moms, salah satu cara mudah untuk melatih dan meningkatkan konsentrasi Si Kecil adalah dengan rutin mengajak bayi Anda bermain. 

3. Melatih kemampuan berbicara

Pada anak batita, mengajaknya bermain juga bisa menjadi cara seru untuk melatih dan meningkatkan kemampuannya berbicara lho, Moms. Sebagai bonus, jumlah perbendaharaan kata anak juga pasti bakal meningkat!

4. Melatih kontrol diri

Walau masih bayi, Si Kecil mulai bisa mengenali konsep kontrol diri melalui bermain. Biarkan Si Kecil bermain dengan semua mainan bersama anak lain, dan saat episode rebutan mainan terjadi, di situlah anak akan mulai belajar kontrol diri.

5. Belajar berteman

Mengajak bayi playdate atau bermain bersama teman? Tidak terlalu dini kok, Moms. Bermain bersama teman justru baik untuk meningkatkan kemampuan Si Kecil dalam bersosial. Dengan bermain bersama teman, bayi pun bisa mulai belajar untuk bertemu, bermain, berkomunikasi, dan tentunya berbagi mainan. Selagi bayi-bayi bermain, Moms pun bisa bertemu ibu lain dan berbagi tips! Semua senang, kan? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)