Type Keyword(s) to Search
TODDLER

7 Makanan yang Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak

7 Makanan yang Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak
Konsumsi 7 makanan ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. (Foto: Dok. Freepik)

Resistensi imun terhadap infeksi pada anak lebih rendah jika dibandingkan orang dewasa, sehingga anak pun lebih rentan terkena penyakit. Karena itu, Moms perlu meningkatkan kekebalan tubuh anak agar ia mampu melawan infeksi penyebab berbagai penyakit.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan tertentu yang punya nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak Anda, sehingga ketika Si Kecil terpapar kuman, ia lebih siap bertarung dan tidak mudah jatuh sakit. Nah, berikut ini M&B merekomendasikan 7 makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak, Moms.

1. Bayam

Bayam dikenal sebagai superfood kaya vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bayam mengandung vitamin A, E, C, dan K, folat, zinc, selenium, dan zat besi. Semua nutrisi ini bekerja sama untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.

2. Telur

Ketika anak kekurangan vitamin D, mereka lebih rentan terhadap penyakit. Sementara telur mengandung vitamin D alami dan sejumlah nutrisi seperti vitamin B dan selenium yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.

3. Jeruk

Anak tidak memiliki sistem kekebalan tubuh sekuat orang dewasa, sehingga ia lebih rentan terkena penyakit. Jeruk adalah sumber vitamin C dan mineral yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan produksi sel darah putih.

4. Brokoli

Bukan rahasia lagi jika brokoli mengandung segudang nutrisi yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Brokoli kaya akan vitamin C, A, dan E, serta sejumlah antioksidan yang berperan sebagai penguat sistem kekebalan tubuh.

5. Yoghurt

Kandungan probiotik dalam yoghurt bisa digunakan untuk mengisi kembali bakteri baik dalam tubuh, menyerap nutrisi, membantu pencernaan, dan melawan kuman penyebab penyakit. Pastikan Anda memberikan yoghurt rendah gula atau tanpa gula buat Si Kecil, karena gula memiliki efek sebaliknya pada sistem kekebalan tubuh.

6. Kacang almond

Kacang almond merupakan sumber vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. Selain itu, kandungan riboflavin, niacin, dan vitamin B juga sangat bagus untuk sistem pertahanan tubuhnya.

7. Ikan Berminyak (Oily Fish)

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam jenis ikan berlemak (oily fish) seperti salmon dan tuna bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada anak dengan meningkatkan aktivitas fagosit, yakni sel darah putih yang mampu memerangi bakteri berbahaya. Omega-3 juga bisa mengurangi peradangan dan membantu melindungi paru-paru anak Anda dari infeksi pernapasan dan pilek. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromtoddler