Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ini Manfaat Inisiasi Menyusui Dini (IMD) buat Ibu Baru Melahirkan

Ini Manfaat Inisiasi Menyusui Dini (IMD) buat Ibu Baru Melahirkan

Inisiasi menyusui dini (IMD) merupakan proses pemberian air susu ibu atau ASI kepada bayi dalam 1 jam setelah kelahirannya. Proses ini ternyata punya banyak manfaat, lho! Namun, mungkin masih banyak ibu yang belum mengetahui manfaat IMD. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa IMD hanyalah bagian dari prosedur medis yang dilakukan setelah ibu melahirkan.

Padahal, inisiasi menyusui dini memiliki sederet manfaat sehingga proses ini sangat disarankan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) maupun Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Nah, berikut ini manfaat IMD untuk ibu baru melahirkan. Yuk, kita baca, Moms, agar kita tahu lebih banyak tentang manfaat IMD!

IMD bisa dilakukan oleh semua ibu baru melahirkan

Berdasarkan pengalaman dr. Utami Roesli, Sp.A IBCLL FABM dari Sentra Laktasi Indonesia, dalam memberikan IMD ke banyak ibu, IMD bisa dilakukan kepada semua ibu yang melakukan persalinan, baik normal maupun caesar, selama mereka dalam keadaan sehat.

Bahkan, IMD dapat diberikan pada persalinan kembar sekalipun. "IMD tidak bisa dilakukan bila keadaan tidak stabil, misalnya terjadi perdarahan setelah persalinan. Namun, jika semuanya dalam kondisi stabil, IMD harus dilakukan," ujarnya.

"Moms tak perlu khawatir bayi akan kedinginan karena kulit Anda mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan suhunya dengan suhu yang dibutuhkan bayi. Suhu di dada Anda yang melahirkan, 1 derajat Celsius lebih rendah daripada dada ibu yang tidak melahirkan. Namun jika bayi kedinginan, suhunya akan naik 2 derajat Celsius secara otomatis. Hal ini merupakan penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Jadi, tempat singgah pertama untuk bayi yang sehat adalah di dada ibunya, bukan inkubator yang suhunya bisa diatur," jelas dr. Utami.

Lebih jauh, dr. Utami mengatakan bahwa IMD harus dilakukan setelah bayi selesai dipotong ari-arinya dan dikeringkan. Ketika proses ini dilakukan, ia menganjurkan agar suami atau keluarga mendampingi ibu. Seusai kepala, mulut, dan hidung bayi dikeringkan, tali pusat diikat, tengkurapkan bayi di dada atau perut Anda dengan kulit melekat pada kulit Anda. Kemudian, selimuti tubuh Anda dan Si Kecil serta pakaikan topi padanya jika perlu.

Saat IMD, bayi yang diletakkan di dada dapat merasakan kehangatan yang sama seperti saat ia berada di dalam rahim. Lalu bagaimana caranya supaya Si Kecil yang baru melihat dunia tersebut bisa menemukan payudara Anda?

Pastikan tubuh Anda semi-berbaring agar Anda bisa melakukan kontak dengan Si Kecil. Gunakan tangan dan lengan Anda untuk menjaganya agar tidak terguling. Sentuhlah tubuhnya dengan lembut, tetapi biarkan ia membuat jalannya sendiri menuju payudara Anda.

Manfaat IMD untuk ibu baru melahirkan

Nah, berikut ini beberapa manfaat IMD untuk ibu baru melahirkan, Moms.

1. Saat bayi mencoba mencari puting payudara, gerakan kaki dan tubuh Si Kecil dapat memijat otot Anda yang tegang setelah melahirkan.

2. IMD dapat mencegah terjadinya perdarahan berat usai persalinan.

3. Flora normal bakteri yang terdapat pada kulit normal bayi baru lahir dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya sendiri dan sang ibu.

4. Sentuhan kulit antara Moms dan bayi yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam juga bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin.

5. Isapan bayi pada puting payudara mampu merangsang keluarnya ASI. Saat itu, payudara Anda akan mengeluarkan cairan kolostrum yang akan bermanfaat buat Si Kecil. (M&B/SW/Foto: Freepik)