Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Suka Minum Teh di Pagi Hari? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Minum Teh di Pagi Hari? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Moms, apakah Anda termasuk orang yang selalu minum teh di pagi hari? Jika ya, bagus untuk Anda! Dilansir dari laman Huffington Post, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum teh sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit, salah satunya adalah kanker.

Tahukah Anda, kalau tidak hanya kopi yang mengandung kafein, tetapi juga teh meskipun dalam jumlah yang sedikit, kecuali matcha. Walaupun demikian, jumlah kafein yang terkandung dalam teh cukup untuk memberikan energi di pagi hari sebelum beraktivitas.

Karena kandungan kafeinnya yang sedikit, teh menjadi pilihan alternatif untuk Anda yang sensitif terhadap kafein atau Anda yang sedang mencoba mengurangi kafein setiap harinya. Berikut ini 6 manfaat minum teh buat kesehatan yang wajib Anda ketahui!

Baca juga: Bolehkah Bayi Minum Teh? Ini Jawaban dari Ahli Gizi

1. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Rutin minum teh bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol tekanan darah sehingga berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan flavonoid dalam teh juga mampu melindungi organ vital tubuh serta mencegah kerusakan sel.

2. Mencegah kanker

Teh hijau kaya antioksidan yang disebut EGCG (Epigallocatechin Gallate). Kandungan ini dipercaya mampu mencegah penyebaran sel kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor. Selain itu, kandungan flavonoid dalam teh hitam juga dipercaya mampu mencegah penyakit kanker.

Baca juga: Ragam Manfaat Baik Konsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan

3. Mengurangi risiko diabetes

Bagi penderita diabetes, kandungan flavonoid dalam teh dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga dapat menjaga resistensi insulin dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Sebagaimana diketahui, teh hitam mengandung polifenol yang dianggap mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan mengontrol pertumbuhan bakteri baik. Sifat antimikrobanya juga bisa membunuh zat berbahaya di dalam usus sehingga menjaga kesehatan pencernaan.

Baca juga: 7 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

5. Menghidrasi tubuh

Rutin minum teh juga bisa menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Teh hitam dipercaya dapat membantu proses hidrasi di dalam tubuh dengan baik. Konsumsi teh hitam tanpa tambahan gula untuk membuat tubuh Anda terhidrasi secara optimal ya, Moms.

6. Membantu menurunkan berat badan

Teh bisa menjadi minuman yang rendah kalori jika tidak dicampur dengan gula, susu, atau pemanis buatan lainnya. Konsumsi teh dengan cara ini bisa menjaga kadar gula darah stabil serta membantu lemak dan karbohidrat menjadi energi. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)