Type Keyword(s) to Search
BABY

Kenali Tanda-tanda Separation Anxiety pada Bayi Anda!

Kenali Tanda-tanda Separation Anxiety pada Bayi Anda!
Inilah 4 tanda anak anda mengalami separation anxiety (Foto:Dok. Freepik)

Pada dasarnya, tangisan bayi merupakan caranya berkomunikasi untuk mengatakan kalau ia sakit, lapar, atau mengantuk. Namun, bagaimana jika bayi Anda sering menangis saat ditinggal walau hanya sebentar, Moms?Apakah Anda pernah atau sedang mengalami hal ini?

Baca juga: Tak Hanya Lapar, Ini Arti Tangisan Bayi Lainnya, Moms!

Jika ya, mungkin saja Si Kecil sedang mengalami rasa khawatir saat ditinggal oleh Anda atau istilahnya separation anxiety. Sebenarnya, hal ini merupakan adaptasi perkembangan yang sangat normal bagi Si Kecil kok Moms, karena hampir semua bayi mengalami kecemasan perpisahan saat usia mereka mencapai 7 hingga 18 bulan.

Tahap perkembangan ini menunjukkan bahwa bayi Anda telah membentuk ikatan yang kuat dengan Anda dan telah berkembang secara intelektual. Dengan kata lain, Anda adalah tempat teraman dan ternyaman baginya sehingga ia tidak ingin berada jauh dari Anda.

Meskipun sangat normal terjadi dalam tumbuh kembang anak, tidak ada salahnya kan, jika Moms mengenali tanda-tanda bayi mengalami separation anxiety. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Menangis saat ditinggal sendiri atau ditinggal bersama orang lain

Baru sebentar Moms meninggalkan Si Kecil, tapi ia sudah menangis tersedu-tersedu seakan-akan Anda meninggalkannya dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, pada beberapa kasus, ada bayi yang tidak hanya ingin dekat dengan ibunya, tetapi ia juga ingin sang ibu menggendongnya. Bayi yang mengalami separation anxiety biasanya tidak ingin ditinggal oleh Anda sepanjang hari.

2. Tidak suka bermain sendirian

Tanda berikutnya dari bayi yang mengalami separation anxiety adalah ia tidak suka bermain sendirian. Si Kecil selalu ingin Anda ikut bermain dengannya atau berada di sampingnya, dan ia akan memastikan ibunya tidak meninggalkannya walau hanya semenit.

Baca juga: Trik Mengatasi Anak Sulit Dipisahkan dari Benda Kesayangannya

3. Pola tidur terganggu

Ketika bayi Anda mengalami separation anxiety, sangat normal jika kondisi ini akan mengganggu pola tidurnya. Bayi yang mengalami perasaan takut berpisah umumnya akan bangun lebih sering di malam hari dan menangis untuk mencari Anda. Si Kecil pun jadi lebih sering terbangun dan menangis mencari Anda Moms, walaupun Anda tidur di sebelahnya. Saat sudah terbangun, ia juga jadi kesulitan untuk tidur kembali, kecuali jika ditemani dan ditenangkan oleh Anda.

4. Bangun lebih awal

Perasaan takut berpisah juga menyebabkan bayi bangun lebih awal dan baru akan bisa kembali tidur jika ada Anda di sampingnya. Meskipun begitu, selelah apa pun rasanya, Anda harus bisa memahami kalau ini adalah tanda yang baik, Moms. Ini berarti Anda memiliki ikatan psikologis yang kuat dengan bayi Anda dan Si Kecil akan tumbuh menjadi sosok yang percaya diri serta mandiri.

5. Menangis jika diasuh oleh orang lain

Saat bayi Anda mengalami separation anxiety, biasanya ia tidak ingin diasuh oleh orang lain meskipun orang itu adalah ayahnya. Si Kecil hanya mau diasuh dan bersama dengan Anda. Menurut pakar sleep expert, coba gunakan essential oil sebagai parfum selama 4 sampai 6 minggu. Kemudian minta orang lain yang mengasuh Si Kecil menggunakannya juga. Ini akan membantu membuat Si kecil merasa selalu ada Anda kapan pun ia menghirup wangi essential oil tersebut. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)