Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Bantu Anak Belajar Flora dan Fauna dari Rumah

5 Tips Bantu Anak Belajar Flora dan Fauna dari Rumah

Ketika sekolah harus diliburkan untuk menjaga keamanan kita bersama, sebagai orang tua, Moms dan Dads harus dapat mencari jalan untuk memastikan anak tidak kehilangan waktu belajarnya yang berharga.

Pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan melalui berbagai pendekatan yang membuat anak semakin terlibat dan aktif. Jika Si Kecil merasa bosan di rumah terus seharian, Moms dan Dads bisa membantu mengusir kebosanannya dengan memperkenalkannya pada keajaiban flora dan fauna yang bisa Anda peroleh dari Google Search.

Ya! Dengan Google Search, Si Kecil bisa belajar seputar flora dan fauna dengan cara yang menarik, lho! 5 tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan keajaiban flora dan fauna pada Si Kecil, cukup dari smartphone Anda, Moms dan Dads!

1. Temui hewan Augmented Reality (AR) seukuran aslinya di Google Search

Anda dapat menunjukkan pada anak Anda beruang cokelat, hiu, macan, singa, dan banyak hewan lain seukuran aslinya dengan pencarian sederhana di Google Search. Anda juga dapat membawa hewan-hewan ini ke ruang Anda, sehingga anak Anda dapat melihat seberapa besar atau kecilnya mereka, dan bagaimana mereka membandingkannya dengan, katakanlah, sofa atau barang-barang di rumah.

Caranya, cukup ketik kata hewan yang Anda cari, misalnya "Tiger" di Google Search, setelah itu klik View in 3D pada bagian "Meet a life-sized tiger up close".


Baca Juga: 5 Tips Belajar Seru dan Efektif saat School From Home


2. Kenali berbagai suara asli hewan melalui Google Search

Selain melihat perkiraan ukuran asli seekor hewan, cukup dengan mencari "suara hewan" di Google Search, Anda juga dapat memperkenalkan berbagai suara asli hewan-hewan pilihan pada Si Kecil.

3. Identifikasi tanaman atau hewan peliharaan dengan Google Lens

Dengan Google Lens, Moms dan Dads dapat mencari apa yang Anda lihat dan pelajari tentang dunia di sekitar Anda. Ketika sedang di pekarangan rumah Anda dan anak bertanya tentang jenis tumbuhan atau hewan yang ia lihat, Anda dapat mengeluarkan ponsel Anda, membuka aplikasi Google Lens, dan mendapatkan bantuan untuk menemukan jawabannya.


Baca Juga: Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak


4. Pelajari tentang fakta seputar flora dan fauna di Google Search

Apa yang dimakan panda raksasa? Berapa panjangkah seekor piton? Di manakah habitat macan tutul? Perkenalkan anak Anda pada fakta seputar flora dan fauna melalui knowledge panel hewan di Google Search. Cukup dengan cari hewan atau tumbuhan yang ingin Anda pelajari, dan temukan kotak dengan detail menarik seperti nama ilmiah hewan, masa hidup mereka, dan makanan yang mereka konsumsi.


Baca Juga: Ajak Si Kecil Mengenal Hewan Peliharaan


5. Selami dunia bawah laut

Ajak anak Anda untuk bertualang di bawah air di Raja Ampat, Taman Nasional Bunaken, Bali, hingga pulau Komodo. Yang Anda butuhkan hanyalah Google Maps, untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia yang menakjubkan. Underwater Street View ini dibuat oleh tim XL Catlin Seaview Survey yang menggunakan kamera panorama yang dipasang pada skuter bawah air yang dikemudikan seorang penyelam. Inisiatif ini adalah bagian dari studi global yang didedikasikan untuk memantau perubahan karang laut dan mengungkapkan perubahan itu pada dunia.

Ada beberapa cara lain yang dapat Anda ajarkan pada anak Anda tentang tanaman dan hewan di planet kita dengan bantuan dari smartphone Anda. Yuk, terus kita ajak anak menjadi penjelajah dunia yang cerdas dalam memanfaatkan kebaikan internet dan teknologi, Moms dan Dads! (M&B/SW/Dok. Freepik)