Type Keyword(s) to Search
ARCHIVE

Si Kecil Lebih Sayang Pengasuhnya?

Si Kecil Lebih Sayang Pengasuhnya?

Salah satu dilema ibu bekerja adalah meninggalkan Si Kecil di rumah bersama pengasuhnya, sehingga tak jarang ia lebih menyayangi Sang Babysitter. Anda tak perlu khawatir, ini mungkin hanya sebuah fase. Namun, jika Si Kecil menolak Anda, bahkan setelah Sang Babysitter tidak terlihat selama berjam-jam, artinya Anda perlu membangun kembali bonding Anda sebagai pengasuh utama. Berikut tip yang bisa Anda coba untuk membangun kembali bonding Anda dengan Si Kecil.

 

1.  Dalam kasus ini, Sang Babysitter pasti tahu rutinitas dan cara terbaik bagaimana menenangkan Si Kecil. Luangkan waktu Anda saat Si Kecil dan pengasuhnya menghabiskan waktu bersama, sehingga Anda dapat melihat dan mempelajari tingkah dan respons Si Kecil.

 

2.  Buang sejenak perasaan bersalah atau kecemburuan yang mungkin Anda miliki. Fokuskan perhatian Anda pada segala sesuatu tentang kebutuhan Si Kecil yang dapat Anda pelajari dari pengasuhnya.

 

3.  Jangan mencoba untuk mengambil alih perhatian Si Kecil secara paksa.  Ciptakan lingkungan yang menyenangkan, sehingga Si Kecil juga menikmati saat menghabiskan waktu bersama Anda.

 

4.  Untuk membangun bonding yang sangat baik, lakukan pendekatan sedini mungkin. Carilah cara untuk membangun bonding tersebut, seperti memeluk dan membaca buku cerita bersama. Anda perlu tetap berusaha dan bersabar,  karena umumnya proses ini akan memakan waktu yang lama.

 

5.  Sebagai ibu, perkembangan anak memang perlu Anda awasi, karena tugas Anda adalah membimbingnya sampai dewasa dengan keyakinan dan cinta. (Aulia/DMO/Dok. M&B)