Type Keyword(s) to Search
ARCHIVE

Peduli Anak Autis

Peduli Anak Autis

Kasih ibu memang seperti sinar matahari yang selalu siap menerangi dunia. Maka tidak berlebihan, jika ibu disebut sebagai sosok terbaik yang pernah ada di dunia ini. Termasuk ibu 'pejuang' yang satu ini, Gayatri Pamoedji, yang memiliki putra sulung penyandang autisme, Audwin.

 

Gayatri sempat merasa terpuruk saat tahu Audwin yang kini berusia 23 tahun dinyatakan autis saat usianya 9 tahun. Sebenarnya, sejak Audwin berusia 9 bulan, ia merasa ada yang berbeda dengan diri buah hatinya ini. Hingga akhirnya ia berhenti bekerja dan pindah ke Perth, Australia, agar Audwin bisa mendapatkan perawatan terbaik.

 

Merasakan beratnya perjuangan menjadi ibu dari anak autis dan mahalnya biaya terapi yang dibutuhkan, membuat Gayatri tergerak untuk membantu meringankan beban orangtua penyandang autisme lainnya. Bersama seorang teman, ia mendirikan Yayasan Masyarakat Peduli Autis (MPATI) pada 2004 untuk memberi bekal alat pendidikan dan pengetahuan bagi orangtua, serta guru dari anak-anak autis. Lewat yayasan inilah, dibuat beberapa video panduan agar terapi dapat dipelajari dengan mudah oleh siapa saja.

 

Hingga saat ini, sudah ada 3 video terapi yang dirilis, yaitu terapi perilaku, terapi okupasi, dan terapi wicara. Salah satu video terapi tersebut, yaitu Terapi Okupasi untuk Anak Autis dapat Anda lihat di M&B Channel www.motherandbaby.co.id. (Dina/DMO/Dok. M&B)