Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Trik Merawat Kulit Tetap Sehat Bercahaya saat Puasa

6 Trik Merawat Kulit Tetap Sehat Bercahaya saat Puasa

Saat berpuasa, pola tidur dan makan kita tentu berubah. Dan kedua hal ini sangat memengaruhi kesehatan kulit kita, Moms. Maka kulit dan bibir yang kering bisa menjadi teman sehari-hari selama puasa. Namun, berpuasa tak berarti kulit wajah kita akan selalu kering dan kusam. Ketahui beberapa trik merawat kulit selama puasa agar tetap cerah dan sehat berikut ini, Moms!

Baca juga: 5 Masalah Kulit saat Berpuasa dan Tips Dokter untuk Mengatasinya

1. Gunakan pelembap

Menggunakan pelembap merupakan kewajiban dalam langkah merawat kulit, terlebih lagi selama puasa. Berkurangnya asupan air saat berpuasa bisa menyebabkan kulit menjadi dehidrasi, membuatnya kering dan rentan rusak. Maka dari itu, jangan pelit menggunakan pelembab kulit Anda selama bulan puasa. Anda juga bisa menyediakan facial mist, rosewater atau aloe vera yang merupakan pilihan tepat untuk menenangkan dan menjaga kelembapan kulit ekstra.

2. Tetap penuhi kebutuhan air harian

Walaupun berpuasa, Anda tetap wajib mengonsumsi banyak air. Idealnya, seseorang perlu mengonsumsi 2 liter air sehari. Triknya, bagi porsi asupan air Anda saat sahur dan buka puasa. Anda juga bisa variasikan air minum Anda untuk memperbanyak kandungan nutrisi, dan infused water bisa menjadi pilihan tepat. Variasikan air dengan lemon, timun, daun mint, nanas, strawberry, dan buah-buah lainnya, Moms.

3. Perbanyak antioksidan

Tingkatkan asupan antioksidan Anda selama sahur maupun buka puasa, Moms. Asupan antioksidan yang memadai bisa sangat membantu menjaga kesehatan kulit dan melawan radikal bebas selama puasa. Buah berry, kacang almond, cokelat, dan buah delima adalah beberapa contoh makanan tinggi antioksidan yang bisa menjadi sumber vitamin dan mineral penting bagi kulit.

4. Lakukan perawatan ekstra

Jangan lupa untuk menggunakan masker wajah 1-2 kali seminggu. Selain itu, pastikan Anda mengeksfoliasi kulit dengan rutin, jangan terlalu sering tapi juga jangan terlalu jarang. Eksfoliasi 2 kali seminggu dinilai cukup untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan debu yang menempel pada wajah. Kedua langkah ini mampu menjaga kulit wajah tetap kenyal dan halus.

5. Cuci muka secukupnya

Cuci wajah dengan air hangat dan lakukan seperlunya. Memang, selama puasa, rasanya kita ingin sering mencuci wajah untuk menyegarkan badan. Namun, mencuci wajah terlalu sering juga bisa membuat kulit makin kering. Karena itu, bila Anda membutuhkan kesegaran ekstra atau ingin mendinginkan kulit, cukup semprotkan face mist pada wajah Anda.

6. Gunakan tabir surya

Tabir surya memang sudah disarankan untuk digunakan setiap hari guna melindungi kulit dari bahaya paparan radiasi sinar matahari, terlebih lagi saat kita sedang berpuasa. Sesuaikan tabir surya berdasarkan kebutuhan. Pastikan Anda menggunakan tabir surya khusus wajah untuk kulit wajah Anda. Bila Anda memiliki kulit berwarna terang, maka gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30, sedangkan bila kulit Anda gelap, maka gunakan tabir surya dengan SPF yang tidak terlalu tinggi. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)