Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Obat Flu yang Aman untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Obat Flu yang Aman untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Perubahan hormon dan fungsi kekebalan tubuh membuat ibu hamil rentan terserang penyakit, salah satunya adalah flu. Flu atau influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Meski virus ini tidak berbahaya buat janin, bumil perlu menanganinya dengan benar sehingga bisa cepat sembuh.

Untuk mempercepat penyembuhan, selain banyak istirahat, bumil juga bisa mengonsumsi obat flu. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi sembarang obat, karena bila Anda mengonsumsi obat flu sembarangan saat hamil, dikhawatirkan obat akan berpengaruh pada janin di dalam kandungan Anda.

Nah, untuk itu, Moms harus mengetahui dan memilih obat flu yang aman sehingga tidak membawa dampak negatif pada janin, seperti berikut ini.

1. Paracetamol

Paracetamol termasuk obat flu yang aman dikonsumsi ibu hamil. Obat ini sebenarnya berfunsi untuk menurunkan demam, tapi obat ini efektif untuk meredakan gejala flu seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan badan pegal-pegal.

2. Dextromethorphan

Obat ini dapat meredam batuk yang menyertai flu yang dialami bumil dan aman digunakan dalam jangka pendek. Obat ini juga aman dikonsumsi jika usia kehamilan telah mencapai 12 minggu. Namun, sebaiknya penggunaan obat ini tetap dalam pengawasan dokter Anda ya, Moms

3. Ekspektoran

Obat ekspektoran yang mengandung guaifenesin dapat mengobati batuk dan rasa mampet yang disebabkan oleh pilek dan penyakit pernapasan lainnya.

4. Antihistamin

Obat Antihistamin merupakan obat flu yang aman dikonsumsi bumil ketika flu disebabkan oleh alergi.

5. Antivirus atau antiviral

Obat antivirus juga biasanya aman dikonsumsi bumil saat terserang flu. Obat ini membantu mencegah, mengatasi, sekaligus mempersingkat lamanya waktu virus dan gejala flu bertahan pada tubuh Anda. Jenis obat ini di antaranya oseltamivir, zanamivir, amantadine, dan lain-lain. Perlu diketahui, obat ini tidak dijual bebas dan bisa diperoleh melalui resep dokter.

6. Obat semprot hidung

Sebagian besar obat semprot hidung yang mengandung steroid boleh digunakan selama kehamilan. Obat semprot ini berguna untuk meredakan hidung yang tersumbat akibat flu. Meskipun begitu, bumil tetap harus berkonsultasi dengan dokter mengenai merek dan dosisnya.

7. Balsam mentol

Saat terserang flu di masa kehamilan, Moms bisa membantu meredakan penyakit ini dengan mengoleskan balsam mentol di dada, bawah hidung, juga pelipis. Kandungan mentol pada balsam dipercaya memiliki efek dekongestan yang dapat mencairkan lendir hidung yang membuat mampet. Selain itu, sensasi hangat dari mentol juga berfungsi meningkatkan aliran udara dalam saluran pernapasan.

Untuk catatan, jika bukan atas rekomendasi dokter, Anda harus menghindari obat-obat flu berikut untuk mengurangi risiko terjadinya masalah pada kehamilan, seperti:

  • Aspirin
  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Kodein
  • Antibiotik

Baca juga: Ampuh! 9 Obat Pilek Alami untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

(M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)