Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Yuk, Ajak Anak Bermain dengan Bola, Ini Manfaatnya!

Yuk, Ajak Anak Bermain dengan Bola, Ini Manfaatnya!
(Foto:Dok. Proostoleh/Freepik)

Tidak hanya menyenangkan, mainan juga berperan penting buat perkembangan anak lho, Moms. Salah satu mainan anak yang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan Si Kecil adalah bola. Mainan bola untuk anak punya beragam jenis, mulai dari yang terbuat dari kain, karet, atau silikon, dan ada juga yang berbentuk padat, berisi angin, hingga berbunyi ketika digulirkan atau dipantulkan.

Bermain dengan bola diketahui dapat meningkatkan keterampilan motorik anak, koordinasi tangan, mata, dan waktu, yang merupakan bagian penting dari perkembangan anak. Untuk lebih lengkapnya, inilah manfaat bermain dengan mainan bola buat Si Kecil.

1. Memperkuat keterampilan motorik 

Berdasarkan Penelitian yang berjudul The Efficiency of Infants' Exploratory Play Is Related to Longer-Term Cognitive Development, dikatakan bahwa bola adalah salah satu mainan yang harus dimiliki oleh seorang anak. Mengapa? Ini karena bola dapat membantu memperkuat keterampilan motorik, membiasakan anak dengan lingkungannya, mengembangkan mobilitas tubuh bagian atas, membantu anak tumbuh lebih kuat, dan mengembangkan otot yang ia butuhkan untuk berlari dan melompat.

2. Melatih keseimbangan

Pada umumnya, Si Kecil akan tertarik pada benda-benda yang bergulir, seperti bola. Menggulirkan bola akan melibatkan banyak otot dan koordinasi tubuh anak, sehingga ia akan belajar untuk menyeimbangkan tubuhnya.

Permainan bola akan membuat anak merasa mengendalikan sesuatu selain dari gerakannya sendiri, sehingga hal ini bisa membantu melatih keseimbangan Si Kecil dan memungkinkannya untuk berlatih mentransfer objek dari satu tangan ke tangan lainnya.

Baca juga: 5 Mainan untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak 2 Tahun

3. Mengembangkan koordinasi tangan-mata dan keterampilan dalam pengaturan waktu

Dikutip dari Livestrong, bermain dengan bola bisa membantu pengaturan waktu anak, misalnya permainan bola basket atau sepakbola. Ini karena saat anak menggiring bola basket, ia menciptakan ketukan dan memerlukan waktu sebelum ia melemparkan dan memasukan bola ke dalam ring basket. Sama halnya dengan menendang bola, anak akan berlatih mengatur waktu sebelum mencoba memasukkan bola ke dalam gawang. Atau saat menangkap bola, anak akan mengatur waktu yang tepat sebelum ia menangkap bola.

Selain itu, mengajak anak bermain bola sederhana seperti permainan melempar dan menangkap bola sejak dini bisa membantu Si Kecil mengembangkan koordinasi tangan dan matanya. Pengembangan koordinasi tangan-mata ini dapat membantu anak untuk tetap fokus saat membaca atau menulis untuk memastikan tulisan tetap berada di dalam garis.

4. Mengembangkan fungsi kognitif 

Permainan bola juga bisa membantu mengembangkan fungsi kognitif anak. Ini karena permainan bola akan mengajarkan kepada Si Kecil untuk mengantisipasi gerakan bola, arah, dan kecepatan. Melatih fungsi kognitif sejak dini dapat membantu meningkatkan ingatan dan keterampilan kognitif anak, sehingga Si Kecil akan lebih mudah untuk memahami pelajaran saat duduk di bangku sekolah. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Proostoleh/Freepik)