Moms, masa pandemi COVID-19 ini tentunya memberi dampak besar terhadap semua bidang usaha, termasuk terhadap perusahaan dalam dunia ekonomi kreatif. Karena itu, online event merupakan jawaban untuk tetap memberikan informasi yang relevan, akurat, dan menghibur melalui konten-konten yang kreatif.
Menyusul kesuksesan 2 event sebelumnya, Samara Live, MRA Media, dan VIP juga telah berhasil menyelenggarakan The First Live Streaming Festival berbasis online: Live Stream Fest Vol. 3 yang didukung penuh dalam program Live Music Channel 1 oleh AQUA, Channel Live Talks oleh Bear Brand, serta Ion Water, dan Wall's, pada 16-17 Mei 2020 lalu. Diselenggarakan mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB, Live Stream Fest Vol. 3 mengangkat edisi Ramadan dan menampilkan beragam konten ilmu baru, hiburan, dan juga berbagai kajian.
"PSBB yang dilaksanakan di Jakarta berhasil menurunkan rate penyebaran dari 4-5 menjadi 1. Jakarta tidak merencanakan pelonggaran PSBB ini dalam waktu dekat karena target kami, angkanya di bawah 1, sekitar 0.3-0.4, baru akan masuk masa transisi. Usaha menekan dan menurunkan angka penyebaran merupakan kolaborasi semua orang dengan kedisiplinan masyarakat mengikuti langkah-langkah kesehatan yang telah ditetapkan. Saya melihat adanya wabah COVID-19 ini menghadirkan beberapa 'suasana' yang berbeda, ada sisi krisis kesehatan dan ekonomi, di sisi lain ada digital breakthrough yang timbul sebagai dampak, seperti acara ini dan sisi lingkungan yang lebih bersih. Maka setelah berlalunya COVID-19 ini akan mengubah banyak hal, termasuk dalam membuat kebijakan-kebijakan dan kemajuan dunia digital." ujar Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, yang juga menjadi salah satu pengisi acara Live Talks di Live Stream Fest Vol. 3.
Yang Baru di Live Stream Fest Vol. 3
Dalam edisi Ramadan ini, masyarakat dihibur dengan sajian konser musik dari berbagai musisi terbaik Tanah Air, hiburan yang mendidik dari para selebritas, hingga konten kreator, talk show dan ilmu parenting dari narasumber yang berpengalaman, berolahraga dan menjaga kebugaran selama bulan Ramadan di rumah, berbagi resep menu buka puasa di rumah, kajian dari para pemuka agama untuk mendukung ibadah penonton yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, serta mengikuti kuis yang diharapkan dapat menginspirasi dan menghibur masyarakat selama bulan Ramadan dan tinggal di rumah saja dalam masa physical distancing sesuai dengan ketetapan pemerintah sebagai pencegahan penyebaran virus COVID-19.
Selain menghadirkan signature program seperti Live Talks, Live Music, Live Family, dan Live Wellness, kali ini LSF juga dimeriahkan oleh konten baru yaitu Live Cooking dan Live Kajian. Program Live Cooking menghadirkan Yuda Bustara, Enno Lerian dan Audy Antawidjaja, Ayu Dewi, Ratna Soemantri, Putri Habibie, Eddrian Tjhia, dan Nina Bertha. Untuk memeriahkan program Live Kajian, hadir Ust. Subhan Bawazier, Mizz Nina, Ust. Abu Fida, Ust. Shamsi Ali, Das'ad Latief, Aisah Dahlan, Ust. Ali Nurdin, Miftah Faridl, dan masih banyak lagi.
Sementara itu, deretan selebritas, tokoh, hingga konten kreator ternama Indonesia ikut mengisi Program Live Talks, di antaranya ada Natasha Rizky, Najelaa Shihab, Tri Rismaharini, Fitria Yusuf, Hermawan Kartajaya, Gita Savitri. Untuk program Live Wellness, tampil Anjasmara Prasetya, Marshanda, Deasy Noviyanti, Anni Yuliantin, Indri Hapsari Bharata, Yodhananta Soewandi, serta Pujiastuti Sindhu. Program Live Family juga menghadirkan Arie Untung, Teuku Wisnu, dr. Listya Paramita, Indra Brasco dan Nala, Vebby Palwinta, Ratu Anandita, Ligwina Hananto, Indah Nada Puspita dan Tantri Namirah, Acha Septriasa, dan Puteri Khasanah Karunia.
Mau bernyanyi dan bersenang-senang? Program Live Music merupakan pilihan yang tepat untuk Moms dan keluarga. Sejumlah nama besar seperti Mawar De Jongh, Project Pop, Lyodra, Base Jam, Ikke Nurjanah, Coboy, Rizky dan Ridho, Iwa K, Reza Zakarya (D'Academy), Putri (D'Academy), dan Selvi (D'Academy) sukses menghibur para penonton.
Antusias penonton Live Stream Fest Vol. 3 yang cukup besar bisa dilihat dari jumlah yang telah menyaksikan penampilan dari seluruh pengisi acara selama dua (2) hari sebanyak 829K+ unique watchers di Vidio. Jumlah viewers Live Stream Fest Vol. 3 terjadi peningkatan dengan jumlah viewers sebelumnya yaitu, Live Stream Fest Vol. 2 mencapai angka 499,435 ribu unique watchers dan Live Stream Fest Vol. 1 mencapai angka 132,345 ribu unique watchers.
Tak hanya para penonton, seluruh pengisi acara pun sangat antusias dalam Stream Fest Vol. 3, Moms. Ini terlihat dari sharing berbagai pengisi acara yang memberikan inspirasi serta melakukan live performance dari rumah masing-masing secara bergantian guna mengobati rasa kangen saat mengisi acara yang bisa dinikmati masyarakat secara gratis melalui aplikasi atau website Vidio.
Menanam Benih Kebaikan
Tak hanya bertujuan untuk mengatasi rasa bosan dan menghibur masyarakat saat harus berada #dirumahaja selama masa pandemi ini, Live Stream Fest Vol. 3 juga memiliki misi sosial, yaitu mengumpulkan donasi untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19 atau masyarakat rentan miskin.
Ajakan untuk berdonasi ini tentunya disambut baik oleh penonton. Jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan di Live Stream Fest Vol. 1 sampai jelang Live Stream Fest Vol. 2 berhasil terkumpul sebesar Rp. 330.000.000. Keberhasilan berlanjut di Live Stream Fest Vol. 2 yang berhasil memperoleh total Rp. 551.046.620, dan di Live Stream Fest Vol. 3 berhasil memperoleh Rp. 565.408.187 melalui Benihbaik.com. (Nanda Djohan/SW/Dok. Live Stream Fest)