Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Menghilangkan Noda Rendang dan Opor di Baju Lebaran

5 Tips Menghilangkan Noda Rendang dan Opor di Baju Lebaran

Berbagai sajian istimewa khas Lebaran memang menjadi hal yang membuat suasana Hari Raya Idul Fitri makin semarak. Beberapa menu khas Lebaran yang umumnya tak pernah absen di meja makan adalah rendang daging, opor ayam, dan sambal goreng hati. Wah, baru membaca menunya saja Moms pasti sudah lapar dibuatnya.

Saking semangatnya makan dengan makanan-makanan khas Lebaran ini, tak jarang baju baru pun jadi korban terkena tetesan bumbu-bumbu rendang maupun opor ayam. Bukan cuma warna bumbunya yang pekat, teksturnya pun kental dan berminyak. Kondisi ini bisa makin parah jika terjadi pada baju putih atau baju berwarna terang. Duh, susah sekali deh, membersihkannya!

Namun, tak usah panik dulu, Moms! Jangan biarkan noda rendang dan opor ayam mengganggu keceriaan Hari Raya Idul Fitri Anda, karena noda-noda itu bisa dengan mudah dihilangkan memakai cara di bawah ini, kok. Simak, ya!

1. Cuci segera

Sebelum noda rendang dan opor meresap sempurna ke baju baru Anda, sebaiknya langsung cuci baju Anda tersebut agar noda bisa segera hilang.

2. Rendam dengan air panas

Jika baju Anda berwarna putih, maka membilas dan memberikan penghilang noda bisa sangat membantu. Jika ingin makin efektif, rendam baju di air panas yang sudah diberikan pemutih. Namun, bila baju Anda tidak berwarna putih polos, maka merendamnya di air panas yang diberikan detergen juga bisa membantu.

3. Bubuhkan soda kue

Jika setelah direndam noda tersebut belum hilang, maka Moms bisa membubuhkan soda kue di area baju yang terkena noda. Pastikan baju tersebut dalam kondisi sedikit basah, tapi tidak terlalu kering. Soda kue bisa membantu menyerap noda yang membandel. Setelah itu, kucek lembut, bersihkan, dan cuci seperti biasa.

4. Berikan bedak bayi

Jika segera mencuci baju tidak mungkin dilakukan (misalnya karena sedang berada di rumah keluarga dan tidak membawa baju cadangan), maka lakukan penyelamatan darurat menggunakan bantuan bedak bayi.

Caranya, lap baju bernoda dengan tisu kering. Setelah itu, taburkan bedak bayi di area yang bernoda. Taburkan dari luar dan dalam baju, kemudian diamkan hingga bedak menyerap minyak dan lemak yang menempel di baju. Setibanya di rumah, segera cuci baju dan lakukan cara di atas.

5. Pakai sabun pencuci piring

Moms pasti tahu kalau sabun pencuci piring sangat ampuh untuk menghilangkan lemak. Dalam keadaan darurat, Anda bisa mencuci area baju yang terkena noda rendang dan opor ayam dengan sabun cuci piring dan sikat lembut menggunakan sikat gigi. Pasti berhasil, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)