Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Menghilangkan Noda Rendang dan Opor di Baju Lebaran

5 Tips Menghilangkan Noda Rendang dan Opor di Baju Lebaran

Berbagai sajian istimewa khas Lebaran memang menjadi hal yang membuat suasana Hari Raya semakin semarak. Beberapa menu khas Lebaran yang umumnya tak pernah absen di meja makan adalah rendang daging, opor ayam, dan sambal goreng hati. Wah, baru membaca menunya saja Moms pasti sudah lapar dibuatnya.

Saking kangennya dengan makanan-makanan khas Lebaran ini, tak jarang baju baru pun menjadi “korban” terkena tetesan bumbu-bumbu pekat. Tak hanya warna bumbunya saja yang pekat, teksturnya juga kental dan berminyak. Kondisi ini semakin parah jika terjadi pada baju putih atau baju berwarna terang. Duh, susah deh membersihkannya!

Namun tak usah panik dulu, Moms! Jangan biarkan noda rendang dan opor ayam mengganggu keceriaan Lebaran Anda, karena noda-noda itu sebenarnya bisa dihilangkan dengan mudah menggunakan cara berikut ini. Simak, ya!

1. Cuci segera

Sebelum noda rendang dan opor meresap sempurna ke baju baru Anda, sebaiknya langsung cuci baju Anda tersebut agar nodanya bisa segera hilang.

2. Rendam di air panas

Jika baju Anda berwarna putih, maka membilas dan memberikan penghilang noda bisa sangat membantu. Jika ingin semakin efektif, rendam baju di air panas yang sudah diberikan pemutih. Namun bila baju Anda tidak berwarna putih polos, maka cukup dengan merendamnya di air panas yang diberikan detergen akan bisa membantu.

3. Bubuhkan soda kue

Jika setelah direndam noda tersebut belum juga hilang, maka Moms bisa membubuhkan soda kue di area baju yang terkena noda. Pastikan baju tersebut dalam kondisi sedikit basah dan tidak terlalu kering. Soda kue bisa membantu menyerap noda membandel. Setelah itu, kucek lembut, bersihkan, dan cuci seperti biasa.

4. Bantuan bedak bayi

Jika segera mencuci baju tidak mungkin dilakukan (karena Anda sedang berada di rumah keluarga dan tidak membawa baju cadangan), maka lakukan penyelamatan darurat dengan menggunakan bantuan bedak bayi.

Caranya, lap baju bernoda dengan tisu kering. Setelah itu, taburkan bedak bayi di area yang bernoda. Taburkan dari luar dan dalam baju, kemudian diamkan hingga bedak menyerap minyak dan lemak yang menempel di baju. Setibanya di rumah, segera cuci baju dan lakukan cara di atas.

5. Sabun pencuci piring

Moms pasti tahu kalau sabun pencuci piring sangat ampuh untuk menghilangkan lemak. Nah, dalam keadaan darurat, Moms bisa mencuci area baju yang terkena noda rendang dan opor ayam dengan sabun cuci piring yang disikat lembut menggunakan sikat gigi. Pasti berhasil! (M&B/Tiffany/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle