Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Intip Ragam Kue Kering Khas Indonesia saat Lebaran

Intip Ragam Kue Kering Khas Indonesia saat Lebaran

Selamat Hari Raya Idul Fitri, Moms! Apa saja kue yang tersedia di rumah Anda? Selain nastar, kastengel, atau puteri salju, masih ada banyak ragam kue lain yang tak kalah enak untuk dinikmati di hari raya bersama keluarga. Ya, selain berbagai macam kue modern yang kerap kita temukan saat Lebaran, ada banyak juga kue kering tradisional. Rasanya pun tak kalah lezatnya dibandingkan kue yang biasa kita temui.

Sebenarnya, kue-kue tradisional ini bisa ditemukan di hari-hari biasa, namun sangat jarang tersedia. Kadang kita bahkan harus melakukan pemesanan khusus terlebih dahulu agar bisa menikmatinya. Mau tahu apa saja kue kering istimewa dari Indonesia yang sangat dirindukan di hari Lebaran? Ini dia beberapa di antaranya, Moms.

1. Kembang Goyang

Dinamakan demikian karena kue asal Betawi yang berbahan dasar tepung beras serta memiliki rasa manis dan renyah ini berbentuk kembang dan cara pembuatannya harus digoyang-goyang dari cetakannya sehingga bisa mekar di dalam wajan yang berisi minyak panas. di Jawa Barat sendiri ada kue yang bentuknya mirip dengan kembang goyang, namanya kue seroja.


2. Lidah Kucing

Dinamakan demikian karena kue dengan rasa manis ini bentuknya tipis dan serupa dengan lidah kucing. Kue bertekstur sedikit kasar ini dibuat dari bahan tepung terigu, gula, dan butter.

3. Sagon

Kue ini berasal dari daerah Jawa Tengah, terbuat dari tepung beras ketan memiliki rasa manis dan kental dengan gurihnya kelapa. 

4. Semprong

Kue ini berbentuk silinder atau panjang seperti pipa, kadang juga berbentuk segitiga. Rasanya manis dan renyah saat digigit.

5. Satu

Kue ini merupakan kue tradisional khas betawi, terkenal dengan teksturnya yang keras tapi setelah digigit akan ini meleleh di dalam mulut. Rasanya manis dan yang banyak tersedia biasanya ada rasa kacang hijaunya. Di Makassar juga ada kue semacam ini, namanya kue putu kacang.


6. Kuping Gajah

Dengan bentuk lingkaran dan memiliki pola spiral berwarna cokelat, memang tidak bisa dibilang bahwa kue ini mirip dengan kuping gajah, tapi itulah namanya yang umum kita kenal. Kue berbahan dasar tepung terigu ini punya rasa manis dan menjadi camilan yang enak untuk Lebaran.

7. Unthuk Cacing

Kue tradisional asal Jawa Tengah ini merupakan salah satu makanan yang paling laris dan jadi juaranya kalau sedang Lebaran. Rasanya? Manis, gurih, dan renyah. Cocok untuk teman minum teh manis.

8. Grubi

Moms mungkin familiar dengan kue yang satu ini saat masih anak-anak. Kue ini terbuat dari ubi rambut dan dicampur dengan gula jawa. Bentuknya bulat, rasanya manis gurih, dan bikin ketagihan saat memakannya.

9. Biji Ketapang

Camilan khas Betawi ini termasuk kue yang mudah dibuat, memiliki rasa manis dan renyah, cocok untuk kue Lebaran. Tak heran, satu toples kue ini bisa cepat habis dalam sekejap, lho!


10. Akar Kelapa

Sebutannya muncul karena bentuk kue ini mirip dengan akar pohon kelapa. Kue yang rasanya manis ini bisa membuat Moms serta keluarga sulit berhenti memakannya.

11. Rengginang

Ini sebenarnya bukan kue, tapi sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan dibentuk bulat yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Penganan ini juga umumnya ditemui di banyak rumah saat hari raya. Ssttt… wadah penyimpanannya bisa di kaleng kue, nih! Hati-hati jadi jebakan batman, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, Indonesiakaya.com, dailywuz.com, gobetawi.com)