Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Makanan Mengandung Omega-3 Terbaik untuk Ibu Hamil

Makanan Mengandung Omega-3 Terbaik untuk Ibu Hamil

Ketika seorang wanita hamil, ia butuh banyak nutrisi yang harus dicukupi demi memenuhi kesehatan janin yang dikandungnya. Salah satu nutrisi yang harus terpenuhi adalah asam lemak omega-3, yang terbukti mampu memberikan manfaat buat bumil dan janin dalam kandungan, terutama asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA).

Jenis asam lemak ini sangat diperlukan untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan janin. Asupan asam lemak yang cukup selama kehamilan juga bisa mengurangi risiko kelahiran prematur, lho. Nah, untuk itu, yuk ketahui jenis makanan apa saja yang memiliki kandungan omega-3 yang bisa ibu hamil konsumsi berikut ini!

Baca juga: Yuk, Konsumsi Omega-3! Ini Manfaatnya bagi Ibu Hamil

1. Ikan laut

Moms, seperti banyak diketahui, asam lemak omega-3, EPA, dan DHA yang bisa membantu perkembangan otak janin banyak ditemukan dalam lemak ikan. Meski begitu, Moms tak perlu mengonsumsi semua ikan laut untuk menu makan Anda selama masa kehamilan dan menyusui. Salmon, sarden, ikan hering, dan tiram merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk bumil. Satu porsi ikan laut dan susu ibu hamil bisa menjadi sajian menu terbaik untuk sarapan Anda.

2. Kenari

Jenis kacang ini punya kandungan lemak sehat dan asam lemak omega-3. Moms bisa menikmati secangkir kenari sebagai camilan nikmat yang ditemani dengan susu ibu hamil. Menaburkannya di atas yoghurt ataupun memasukkan kenari sebagai bahan pembuat muffin dan roti juga bisa menjadi pilihan Anda.

3. Sayuran

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran, salah satunya adalah manfaat kandungan omega-3 yang ada di dalamnya. Sayuran dengan warna hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan selada air, punya kandungan asam lemak omega-3 yang cukup baik. Jadi, sering-seringlah mengonsumsi sayuran, karena nutrisi yang satu ini tentu sangat baik untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan Anda, Moms.

Baca juga: Tak Hanya Baik untuk Jantung, Ini Manfaat Omega-3 buat Kesehatan

4. Minyak canola dan minyak kedelai

Minyak canola dan minyak kedelai merupakan minyak yang punya kandungan ALA yang tinggi serta rendah lemak jenuh. Selain itu. Keduanya memiliki titik didih lebih tinggi dibandingkan minyak lainnya, sehingga Anda bisa memasak pada suhu yang cukup tinggi tanpa merusak kandungan minyak dan makanan.

5. Telur

Telur adalah salah satu makanan dengan sumber protein yang tinggi. Telur tidak hanya kaya protein, tetapi juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi, terutama telur yang diproduksi oleh ayam yang makan makanan organik sehingga tidak mengonsumsi zat kimia pada pakannya. Telur mengandung sekitar 115 mg omega-3. Telur juga mengandung zat kolin yang diyakini mampu membantu mencegah masalah pada sumsum tulang belakang dan otak janin.

6. Susu dan yoghurt

Produk susu dan olahannya, seperti keju dan yoghurt, juga punya kandungan omega-3 yang tinggi. Susu kaya protein, kalsium, zat besi, fosfor yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang, baik susu sapi maupun susu kambing, juga punya manfaat baik untuk tubuh. (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)