Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Buah Nanas untuk Wanita dan Efek Sampingnya

Manfaat Buah Nanas untuk Wanita dan Efek Sampingnya

Moms, apakah Anda termasuk penyuka buah nanas? Dengan daunnya yang tajam berduri dan kulitnya yang bersisik, dilihat dari luar, buah yang satu ini memang cukup menyeramkan. Namun begitu Anda mengupasnya dan merasakan perpaduan rasa asam dan manis yang menyegarkan, nanas menawarkan banyak vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

Ya, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi nanas berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan ahli. Buah ini memiliki kandungan vitamin A dan C sebagai antioksidan. Nanas juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Enzim bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung dengan memecah protein, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan serat nanas yang sangat tinggi juga mempermudah kita untuk buang air besar.

Apalagi bagi wanita, nutrisi yang terkandung di dalam buah nanas sangat baik untuk kecantikan, kesehatan kulit, bahkan kesuburan. Sayangnya, banyak mitos yang beredar mengatakan bahwa buah ini memiliki efek samping yang tidak baik bagi perempuan. Oleh karena itu, yuk, ketahui beragam manfaat nanas bagi kesehatan wanita dan benarkah nanas memiliki efek samping.

Manfaat nanas untuk kesehatan tubuh

Berikut ini manfaat nanas untuk Anda, Moms.

1. Meningkatkan kesuburan

Nanas mengandung banyak mineral, seperti zinc, tembaga, beta karoten, dan folat yang akan membantu kita memiliki sistem reproduksi yang sehat. Rutin memakan nanas secara langsung atau meminumnya dalam bentuk jus bisa meningkatkan peluang kehamilan Anda.

2. Meningkatkan imunitas

Nutrisi dalam satu porsi nanas memiliki kandungan lebih dari 130% kebutuhan vitamin C setiap hari untuk manusia. Hal ini menjadikannya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat. Vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.

3. Mencegah penyakit jantung

Vitamin C dalam nanas akan mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mencegahnya berubah menjadi plak penyumbatan arteri. Nanas juga sarat kalium, mineral yang membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan tubuh. Terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Jadi, mengonsumsi nanas yang kaya kalium adalah cara terbaik untuk memastikan elektrolit seimbang.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Seiring bertambahnya usia, sel-sel mata cenderung rusak. Ini disebut dengan degenerasi makula. Salah satu cara terbaik untuk mencegah degenerasi ini adalah dengan meningkatkan asupan Vitamin A. Nanas mengandung beta karoten, nutrisi yang berubah menjadi vitamin A.

5. Menciptakan kolagen

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat vitamin C adalah menciptakan kolagen pada tubuh? Kolagen merupakan basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Nah, kandungan vitamin C yang tinggi pada nanas juga bisa membantu Anda menyembuhkan luka di tubuh dengan cepat, sekaligus membantu mempertahankan diri terhadap infeksi dan penyakit.

6. Menghilangkan bintik di wajah dan mencegah jerawat

Selain untuk diolah menjadi makanan, nanas juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Manfaat nanas untuk kesehatan kulit adalah membantu menghilangkan bintik-bintik di wajah. Banyak orang telah menggunakan nanas untuk membantu menghilangkan noda atau bintik-bintik gelap di wajah mereka.

Selain itu, nanas bisa menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif. Enzim bromelain pada buah ini mampu mencegah munculnya bintik bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, sekaligus menghilangkan komedo. Dengan rutin mengonsumsi nanas, wajah Anda pun jadi bersih bercahaya, Moms!

Baca juga: Buah yang Aman untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

Efek samping nanas

Tentu saja, apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan tidak akan baik efeknya pada tubuh kita. Begitu juga dengan nanas, konsumsi buah ini secara berlebihan bisa mengakibatkan rasa gatal di mulut dan tenggorokan. Namun, biasanya keluhan ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam.

Buat wanita hamil, bila Anda tidak tahan rasa asam, mengonsumsi nanas bisa menimbulkan masalah pencernaan dan terkadang rasa mual. Hal ini dikarenakan kandungan asam dalam nanas bisa meningkatkan produksi asam lambung. Ada kemungkinan juga Anda mengalami reaksi alergi saat makan nanas, berupa gatal dan kemerahan di kulit.

Selain itu, berlebihan mengonsumsi nanas bagi wanita hamil juga bisa sangat berisiko. Pasalnya, nanas mengandung bromelain. Konsumsi buah ini dalam jumlah banyak dan berlebihan dikhawatirkan bisa melunakkan serviks dan meningkatkan risiko kontraksi dini pada kehamilan sehingga Anda pun rentan mengalami keguguran. Karena itu, konsumsilah buah nanas sewajarnya ya, Moms! (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)