Type Keyword(s) to Search
BABY

8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Bayi

8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Bayi

Merawat bayi memang harus ekstra hati-hati karena kulit Si Kecil yang sensitif membuatnya mudah mengalami iritasi. Begitu pun pemilihan minyak yang bisa diaplikasikan pada kulitnya. Alih-alih menggunakan minyak bermerek, Moms juga bisa, lho, menggunakan minyak alami untuk kulit bayi, seperti minyak kelapa, yang punya banyak manfaat.

Minyak kelapa murni atau biasa juga disebut dengan virgin coconut oil (vco) merupakan minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, dan diambil minyaknya atau kernelnya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari minyak kelapa. Sementara untuk bayi, minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, Moms. Nah, berikut ini sejumlah manfaat minyak kelapa untuk kulit bayi Anda.

1. Menghilangkan cradle cap

Cradle cap merupakan salah satu masalah kulit bayi yang sangat umum terjadi. Kondisi ini membuat kulit kepala bayi Anda kering, berubah warna jadi lebih gelap, dan mengelupas. Moms bisa oleskan minyak kelapa sambil menggosok pelan area kulit kepala Si Kecil yang mengalami cradle cap. Penggunaan minyak kelapa secara rutin mampu menghilangkan masalah cradle crap pada kulit kepala bayi.

2. Mengatasi ruam popok

Penggunaan popok pada bayi bisa membuat kulitnya jadi lebih sensitif dibandingkan bagian kulit lain. Jika sudah meradang, hal ini bisa menyebabkan ruam popok yang tentunya bisa membuat Si Kecil jadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ruam popok, Moms juga bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin untuk meredakannya.

3. Mengatasi infeksi jamur

Kulit bayi yang masih sensitif rawan terkena infeksi jamur ataupun bakteri. Infeksi jamur umum terjadi di bagian pantat, leher, ketiak, dan area lipatan lainnya. Masalah kulit ini akan membuat bayi merasa risih, gatal, dan ia pun jadi rewel.

Baca juga: 5 Jenis Infeksi Jamur yang Sering Menyerang Balita

Memandikan bayi secara rutin menggunakan air hangat yang sudah diberi campuran minyak kelapa bisa membantu meredakan infeksi tersebut, karena minyak kelapa mengandung asam laurat dalam jumlah besar. Asam laurat sendiri dikenal sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.

4. Menghilangkan jerawat bayi

Meski masih bayi, kulit wajah Si Kecil juga bisa timbul jerawat, yang biasa disebut dengan jerawat bayi. Untuk menghilangkannya, Moms juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat herbal yang ampuh. Asam lemak esensial antiseptik yang ditemukan dalam minyak kelapa bisa membantu mencegah dan menghilangkan infeksi bakteri ketika dikonsumsi melalui mulut atau dioleskan langsung ke kulit Si Kecil.

5. Memijat bayi

Moms, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pelumas ketika melakukan pijat pada Si Kecil, lho! Minyak kelapa bisa menenangkan dan membuat bayi rileks saat istirahat dan dipijat. Selain itu, kebaikan dalam minyak kelapa juga bisa menyerap di kulit Si Kecil.

6. Mengatasi eksim pada bayi

Masalah kulit seperti eksim yang menyerang bayi bisa mengakibatkan kulitnya jadi sangat kering dan terasa gatal. Minyak kelapa akan membantu melembapkan kulit Si Kecil. Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak kelapa juga akan membantu mengatasi eksim. Manfaat antimikroba dari minyak kelapa juga membantu menurunkan pertumbuhan kuman.

7. Mengobati gigitan serangga

Mengoleskan sedikit minyak kelapa murni di bagian tubuh yang digigit serangga, lalu diamkan selama beberapa saat, bisa membantu meredakan peradangan akibat gigitan serangga tersebut. Minyak kelapa murni memiliki manfaat antibakteri dan antiradang yang bisa membantu mengatasi masalah gigitan serangga.

8. Melembapkan kulit bayi

Moms, minyak kelapa memang kaya vitamin dan lemak sehat yang berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit. Oleskan sedikit minyak pada kulit bayi yang kering dan pijat sampai menyerap ke dalam kulit. Minyak kelapa bisa melembapkan kulit ketika dibiarkan sampai waktunya Anda memandikan Si Kecil. (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)