Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ini Hormon-hormon yang Bekerja Selama Masa Kehamilan

Ini Hormon-hormon yang Bekerja Selama Masa Kehamilan

Saat hamil, Moms mungkin akan banyak mengalami perubahan. Tak hanya dari bentuk tubuh, tapi juga kebiasaan dan sifat yang dialami dan mungkin saja cukup mengejutkan buat Anda. Perubahan ini tentunya bukan tanpa sebab, melainkan dipengaruhi oleh hormon yang meningkat dalam tubuh Anda, Moms.

Setidaknya ada 7 hormon yang muncul dan meningkat di masa kehamilan. Hal ini tak hanya untuk menjaga sistem metabolisme dalam tubuh, tapi juga membantu perkembangan janin dalam rahim. Agar lebih siap menjalani fase mengandung, yuk berkenalan dengan hormon-hormon istimewa selama masa kehamilan berikut ini, Moms!

1. Progesteron

Hormon progesteron telah terbentuk sejak awal kehamilan oleh corpus luteum atau kista pada ovarium selama 10 minggu. Setelah itu, hormon ini akan diproduksi oleh plasenta, yang fungsinya akan melemaskan semua otot polos yang paling penting. Karenanya, pembuluh darah akan jadi lebih relaks dan tekanan darah pun jadi lebih rendah daripada biasanya.

Kondisi ini akan membuat Moms mengalami pusing-pusing, mulas, sendawa, mual, muntah, refluks, hingga sembelit. Pertumbuhan rambut di area tertentu, seperti payudara atau perut bagian bawah, juga bisa terjadi. Hormon ini pun memiliki peran penting, yaitu membantu sistem kekebalan tubuh Anda dalam menoleransi DNA asing, yaitu janin di dalam kandungan.

2. Estrogen

Hormon lain yang masih berkaitan adalah estrogen, yang didekresikan oleh corpus luteum hingga diambil alih oleh plasenta. Fungsinya untuk memicu perkembangan serta pertumbuhan beberapa organ dan sistem tubuh lainnya pada janin. Estrogen juga berperan dalam persiapan payudara untuk memproduksi ASI dan memperbesar salurannya. Di awal kehamilan, hormon ini akan menyebabkan spider veins, mual, dan nafsu makan meningkat. Sebagian bumil juga akan mengalami perubahan kulit menjadi lebih glowing karena peningkatan kadar estrogen ini.

3. Human Chorionic Gonadotropin

HCG atau Human Chorionic Gonadotropin merupakan kunci selama kehamilan, karena hormon ini yang akan memberi tahu Anda sebagai calon ibu bahwa terdapat kehidupan di dalam rahim dan tubuh akan membangun sarang untuknya. Ovarium juga akan mematikan jalur produksi pematangan sel telur setiap bulannya.

Buat Moms yang memiliki kadar hCG cukup tinggi, Anda mungkin saja bisa mengalami mual dan muntah. Berdasarkan fasenya, hormon ini akan meningkat 8 hari setelah ovulasi, memuncak pada 60-90 hari, dan kemudian turun sedikit, lalu mendatar selama sisa kehamilan.

Baca juga: Kadar Hormon hCG Rendah saat Hamil, Ini Penyebabnya

4. Relaxin

Hormon relaxin menjadi penanggung jawab yang melonggarkan ligamen yang menyatukan tulang panggul. Otot rahim juga jadi lebih relaks, sebagai persiapan jalan lahir bayi nanti. Pada sebagian bumil, relaxin bisa menimbulkan rasa sakit, peradangan, dan kecenderungan canggung pada beberapa bagian tubuh, seperti bahu, lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.

5. Prostaglandin

Prostaglandin merupakan senyawa yang sifatnya serupa dengan hormon, berperan untuk membantu bumil mengalami kontraksi rahim dan membuat leher rahim terbuka lebih lebar. Nantinya, senyawa ini akan mencegah perdarahan berlebih dan membantu proses persalinan tetap lancar.

6. Oksitosin

Oksitosin menjadi hormon lain yang membantu meregangkan leher rahim serta mulai merangsang puting susu untuk menghasilkan ASI. Hormon oksitosin sering dikaitkan sebagai pemicu persalinan, karena bisa dianggap sebagai induksi alami dan membuat persalinan lebih lancar. Setelah bayi lahir nantinya, hormon ini akan meningkat dan bisa menambah bonding antara Anda dan Si Kecil lho, Moms!

7. Prolaktin

Hormon lain yang juga berfungsi untuk menghasilkan susu adalah prolaktin. Kadarnya akan meningkat 10-20 kali selama kehamilan, sehingga tak jarang timbul ASI "bocor" meski Anda masih hamil di trimester akhir. Selain membantu produksi ASI, prolaktin juga menjaga metabolisme, sistem kekebalan tubuh, mengatur siklus haid, dan menjaga kadar cairan tubuh. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)