Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Makanan Sehat untuk Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

7 Makanan Sehat untuk Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
(Foto: Dok. Senivpetro/Freepik)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu penyakit yang tidak boleh dianggap sepele. Mengapa? Karena jika dibiarkan tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, ada banyak faktor yang bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi seperti usia, riwayat keluarga, atau jenis kelamin. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengontrol tekanan darah, yakni dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalium, magnesium, dan serat, serta rendah natrium. Berikut ini 7 makanan sehat yang sebaiknya Anda konsumsi untuk membantu mengatasi masalah hipertensi.

1. Beri-berian

Beri-berian, terutama blueberry, mengandung senyawa alami yang disebut flavonoid. Melansir Healthline, sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi senyawa flavonoid ini diketahui bisa mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi buah beri yang dikombinasikan dengan sereal atau granola sebagai menu sarapan pagi, atau menjadikannya sebagai buah untuk hidangan penutup yang cepat dan sehat.

2. Bit merah

Bit merah diketahui mengandung nitric oxide, yang mampu membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa nitrat dalam jus bit merah dapat menurunkan tekanan darah peserta penelitian hanya dalam waktu 24 jam. Anda bisa menyajikan bit merah dengan cara dipanggang atau ditumis. Selain itu, Anda bisa sajikan bit merah sebagai keripik yang lezat dan sehat.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Janin

3. Susu skim dan yoghurt

Susu skim adalah sumber kalsium dan rendah lemak yang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih yoghurt untuk mengganti susu skim. 

Dilansir dari American Heart Association, wanita yang mengonsumsi 5 porsi atau lebih yoghurt dalam seminggu mengalami pengurangan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi. Namun, perlu diperhatikan, saat membeli yoghurt, pastikan untuk memeriksa kandungan gula di dalamnya, karena makin rendah jumlah gula per sajian, hal itu akan makin baik buat kesehatan kita.

4. Sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau seperti selada, kale, sawi, bayam, dan lobak hijau diketahui mengandung kalium, magnesium, dan serat, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk penderita hipertensi, yang pada gilirannya bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Konsumsilah setengah cangkir sayuran hijau matang setiap harinya untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Namun, perlu diingat, lebih baik pilih sayuran segar dibandingkan sayuran kaleng atau sayuran dalam kemasan.

5. Buah delima

Sebuah studi menyimpulkan bahwa minum secangkir jus delima sekali dalam sehari selama 4 minggu bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek. Anda bisa mengonsumsi delima secara langsung atau dibuat menjadi jus delima. Namun, pastikan untuk menghindari penambahan gula atau pemanis buatan lainnya ya, Moms!

6. Ikan yang mengandung omega-3

Ikan merupakan salah satu sumber protein tanpa lemak yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis ikan tertentu, seperti salmon dan makerel diperkaya asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan trigliserida. Anda bisa mengonsumsi ikan dalam berbagai menu hidangan yang lezat.

7. Kacang pistachio

Pistachio adalah salah satu kacang yang diketahui bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi resistensi pembuluh darah perifer atau pengetatan pembuluh darah dan detak jantung. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, ditemukan bahwa mengonsumsi satu porsi kacang pistachio dalam sehari bisa membantu mengurangi tekanan darah. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Senivpetro/Freepik)