Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ini Makanan yang Bisa Membuat Anda Hamil Anak Kembar

Ini Makanan yang Bisa Membuat Anda Hamil Anak Kembar

Kehadiran anak dalam rumah tangga tentu menjadi hal yang paling membahagiakan. Tak heran bila setiap pasangan yang telah menikah melakukan segala usaha untuk mendapatkan anak.

Bagi Moms dan Dads yang berkeinginan memiliki anak kembar, tentu Anda harus berusaha cukup keras, apalagi bila Anda dan pasangan tidak memiliki gen atau garis keturunan yang melahirkan atau memiliki anak kembar. Bila demikian, biasanya pasangan akan disarankan untuk menjalankan metode bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) yang memiliki tingkat kemungkinan hamil anak kembar cukup tinggi.

Baca juga: 4 Pilihan Posisi Bercinta Terbaik agar Hamil Bayi Kembar

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan program tersebut, ada pula cara lebih sederhana dan bisa meningkatkan peluang kehamilan anak kembar, yaitu dengan mengonsumsi makanan tertentu. Nah, berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan peluang hamil anak kembar.

1. Asam folat

Wanita yang sedang mencoba hamil biasanya disarankan untuk mengonsumsi asam folat secara teratur untuk meningkatkan peluang pembuahan. Nah, mengonsumsi asam folat juga ternyata bisa meningkatkan peluang Anda untuk hamil anak kembar.

Hal ini didukung sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak asam folat bisa meningkatkan peluang wanita untuk memiliki bayi kembar. Untuk meningkatkan kesuburan saat mencoba hamil anak kembar, Anda bisa mengonsumsi dua kali dosis asam folat yang disarankan. Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya ya, Moms!

2. Karbohidrat kompleks

Mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran, tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga baik buat Anda yang ingin hamil anak kembar karena membantu meningkatkan kesuburan. Selain itu, dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, Anda juga bisa membantu mencegah cacat lahir saraf pada bayi.

3. Susu dan produk olahannya

Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak susu dan produk olahannya memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk hamil anak kembar dibandingkan wanita yang sedikit mengonsumsi susu atau produk olahannya.

Saat seorang wanita mengonsumsi lebih banyak susu, ovarium akan memiliki peluang lebih tinggi untuk melepaskan lebih banyak sel telur, sehinga meningkatkan kemungkinan seorang wanita untuk hamil anak kembar.

4. Nanas

Buah nanas dipercaya mampu meningkatkan kesuburan sehingga bisa membantu Anda yang sedang berencana memiliki anak kembar. Kandungan bromelain (jenis protein) dalam nanas diketahui dapat membantu ovulasi dan pembuahan.

5. Ubi

Ubi kaya akan progesteron dan fitoestrogen yang bisa menyebabkan hiperovulasi. Tak heran bila mengonsumsi ubi dalam jumlah yang banyak dipercaya dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar. Hal ini didukung pula dengan sebuah penelitian yang mengamati masyarakat suku Yoruba di Nigeria yang memiliki angka kelahiran anak kembar yang tinggi karena kebiasaan masyarakatnya yang gemar mengonsumsi ubi.

6. Singkong

Saat ovulasi, kebanyakan wanita hanya melepaskan satu sel telur. Sedangkan ketika ingin hamil anak kembar, sel telur harus membelah menjadi dua setelah pembuahan. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi singkong bisa membantu wanita melepaskan lebih dari satu telur selama ovulasi, sehingga kemungkinan untuk memiliki anak kembar pun meningkat.

7. Akar maca

Mengonsumsi akar maca atau maca root, tanaman herbal asal Peru, sangat bermanfaat bagi wanita dan pria yang sedang menghadapi masalah kesuburan. Mengonsumsi akar maca juga disarankan bagi wanita yang ingin hamil anak kembar karena bisa meningkatkan kesuburannya. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)