Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ini Manfaat dan Pentingnya Kalsium untuk Ibu Hamil

Ini Manfaat dan Pentingnya Kalsium untuk Ibu Hamil

Kalsium merupakan mineral penting yang dapat mendukung pertumbuhan dan kesehatan tulang dan gigi. Bagi ibu hamil, kalsium berperan penting untuk membantu pertumbuhan tulang janin serta menjaga kesehatan tulang ibu. Tak heran bila ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kalsium.

Seberapa Penting Kalsium untuk Ibu Hamil?

Tak hanya untuk mendukung dan memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi janin yang berkembang dengan pesat, kalsium juga dapat membantu meningkatkan perkembangan otot, jantung, dan saraf janin Anda.

Selain bermanfaat bagi pertumbuhan janin, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk kesehatan gigi dan tulangnya. Karena bila ibu tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup, janin Anda diibaratkan akan mencuri stok kalsium yang ada pada tulang Anda untuk mendukung pertumbuhan tulangnya.

Kalsium juga berperan untuk sistem peredaran darah dan pergerakan otot, serta membantu saraf Anda untuk mengirim pesan dari otak ke seluruh tubuh. Selain itu, dengan memenuhi kebutuhan asupan kalsium, Moms bisa mencegah terjadinya pre-eklampsia pada kehamilan.

Adakah Komplikasi Kehamilan yang Diakibatkan Karena Kekurangan Kalsium?

Kekurangan kalsium tak hanya membuat Moms rentan mengalami osteoporosis (kondisi yang menyebabkan tulang rapuh) di kemudian hari, namun juga dapat menimbulkan komplikasi kehamilan seperti:

* Tekanan darah tinggi selama hamil

* Bayi lahir prematur

* Berat badan bayi lahir rendah

* Pertumbuhan bayi lambat

* Bayi tidak mendapatkan cukup kalsium pada tulangnya

* Mati rasa dan kesemutan di jari

* Masalah jantung

* Kram otot dan kaki

* Nafsu makan yang buruk

* Risiko patah tulang.

Komplikasi kehamilan akibat kekurangan kalsium ini sebenarnya bisa dicegah dengan memenuhi kebutuhan asupan kalsium. Bagi ibu hamil dan menyusui, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 1.000 mg per hari. Ini berlaku juga untuk Anda yang berusia 19-50 tahun. Sementara bagi yang berusia 18 tahun dan lebih muda, disarankan untuk memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 1.300 mg per hari.

Apa Saja Sumber Asupan Kalsium untuk Ibu Hamil?

Meski susu diketahui sebagai sumber asupan kalsium yang paling tinggi, namun ternyata masih banyak makanan dan minuman lain yang bisa menjadi sumber kalsium untuk Anda, seperti:

* Keju

* Yoghurt

* Kefir

* Buah tin atau ara

* Sayuran seperti brokoli, bayam, kale, pakcoy

* Daun dandelion

* Kedelai (serta susu kedelai)

* Kacang panggang

* Almond

* Salmon

* Tahu

* Sereal.

Bila Anda alergi susu, inteloransi laktosa, atau vegetarian, mungkin akan sulit bagi Moms untuk memenuhi asupan kalsium. Maka biasanya Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen kalsium. Meski mengonsumsi suplemen kalsium cenderung aman bagi ibu hamil, namun Moms perlu mewaspadai bahwa mengonsumsi suplemen kalsium secara berlebihan dapat menimbulkan efek kembung dan konstipasi. Maka, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apabila memang Anda perlu mengonsumsi suplemen kalsium beserta dosis yang dianjurkan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)