Type Keyword(s) to Search
BABY

Moms, Ini 7 Manfaat Baik Alpukat untuk MPASI Bayi Anda

Moms, Ini 7 Manfaat Baik Alpukat untuk MPASI Bayi Anda

Saat memasuki masa MPASI, Moms disarankan untuk memperkenalkan berbagai jenis buah dan sayuran pada Si Kecil. Nah, salah satu jenis buah yang baik untuk bayi Anda adalah alpukat. Buah yang satu ini tidak hanya lezat karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut, tetapi juga merupakan buah yang padat nutrisi.

Kandungan nutrisi alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin seperti B, C, E, K, dan mikronutrien seperti kalium, fosfor, dan selenium. Kandungan lemak yang ada dalam alpukat antara lain adalah asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, dan lemak jenuh. Namun, meski alpukat mengandung lemak jenuh, buah ini tidak mengandung kolesterol dan rendah natrium.

Baca juga: 5 Ide Menu MPASI Mudah dan Penuh Gizi untuk Bayi 6 Bulan

Manfaat alpukat untuk bayi

Selain kaya akan nutrisi, alpukat juga memiliki sederet khasiat kesehatan untuk bayi. Beberapa manfaat tersebut di antaranya:

1. Mendukung pertumbuhan fisik dan mental bayi

Alpukat mengandung banyak lemak yang bisa membantu pertumbuhan mental dan fisik pada bayi. Di masa pertumbuhannya, Si Kecil butuh asupan lemak agar otaknya berkembang dengan baik. Nah, alpukat yang diketahui mengandung lemak sehat dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, nutrisi yang terkandung pada alpukat bisa membantu perkembangan sistem saraf pusat dan memastikan pertumbuhan optimal bayi.

2. Mendukung perkembangan bayi secara keseluruhan

Selain mengandung lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik untuk tubuh, alpukat juga mengandung sejumlah mineral. Kandungan mineral yang banyak terdapat dalam alpukat, seperti fosfor, kalium, magnesium, kalsium, natrium, dan besi, serta sedikit selenium, mangan, tembaga, dan zinc, penting untuk perkembangan Si Kecil secara keseluruhan.

3. Mendukung perkembangan proaktif bayi

Mengonsumsi alpukat yang kaya vitamin seperti vitamin B1, B2, Niacin, folat, B6, dan asam pantotenat bisa mendukung dan memfasilitasi perkembangan proaktif bayi Anda, Moms.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan E dalam alpukat bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit Si Kecil.

5. Menurunkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari

Alpukat diketahui bebas natrium dan kolesterol, sehingga mengonsumsi buah ini bisa menurunkan risiko masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung saat Si Kecil dewasa kelak. Selain itu, alpukat yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba juga dapat melindungi bayi dari masalah kesehatan umum dan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

6. Menangkal radikal bebas

Alpukat mengandung banyak antioksidan yang dapat mengontrol produksi radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini juga bisa menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh bayi.

7. Baik untuk kesehatan hati

Konsumsi alpukat bisa melancarkan pencernaan bayi dan baik untuk kesehatan hati secara keseluruhan. Tak heran bila konsumsi alpukat dianjurkan untuk anak yang baru sembuh dari penyakit, seperti penyakit kuning dan hepatitis.

Kapan sebaiknya Moms mulai memberikan alpukat sebagai menu MPASI bayi Anda? Anda bisa berikan buah yang mengandung lemak sehat ini sejak Si Kecil berusia 6 bulan. Namun sesuaikan cara penyajiannya dengan usia bayi ya, Moms. Untuk bayi usia 6-8 bulan, sajikan alpukat dengan tekstur lembut dan masih cair, kemudian lebih kental saat Si Kecil sudah berusia 9 bulan ke atas.

Moms bisa berikan alpukat yang sudah dilumatkan dengan halus lalu suapi dengan sendok untuk anak atau Anda juga bisa mengombinasikan alpukat dengan makanan lain yang juga menyehatkan buat Si Kecil. Jadi, yuk, berikan alpukat untuk MPASI bayi Anda, Moms! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)