Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Terbukti Ampuh! Ini Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

Terbukti Ampuh! Ini Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

Sudah tidak perlu diragukan lagi, minyak kelapa mampu memberikan banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita. Namun, apakah minyak kelapa juga baik untuk ibu hamil? Tentu saja, Moms! Sudah banyak penelitian yang menguak manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil dan janin, baik minyak kelapa yang dikonsumsi maupun yang digunakan untuk luar tubuh.

Saking banyaknya manfaat untuk kehamilan, minyak kelapa sering disebut sebagai salah satu pregnancy superfood lho, Moms. Penasaran dengan manfaat-manfaat minyak kelapa untuk bumil? Yuk, ketahui daftar manfaatnya di bawah ini!

1. Meningkatkan imunitas

Mau enggak gampang sakit saat hamil? Coba konsumsi dua sendok makan virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni setiap hari. Mengutip Nutrition Bulletin dari British Nutrition Foundation, dua sendok makan VCO setiap hari bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh bumil dan janin yang dikandungnya.

2. Menjaga produksi dan kualitas ASI

Mengutip Mom Junction, minyak kelapa merupakan sumber asam laurat terbaik kedua setelah ASI. Asam laurat membantu menjaga produksi ASI tetap lancar dan berkualitas sejak sebelum melahirkan. Dengan begitu, bayi akan mendapatkan ASI dengan kualitas terbaik yang membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Mengonsumsi minyak kelapa bisa membantu memastikan tubuh menyerap vitamin yang larut lemak. Dengan begitu, tubuh bumil dan janin di dalam kandungan pun akan mendapatkan nutrisi yang lebih baik.

3. Mengurangi keluhan kehamilan

Keluhan kehamilan seperti morning sickness, konstipasi, dan heartburn bisa berkurang dengan penggunaan minyak kelapa lho, Moms. Minyak kelapa membantu menenangkan keluhan pada perut dan membantu mengurangi dampak asam lambung naik saat heartburn.

Baca juga: Posisi Tidur untuk Kurangi Mual saat Hamil Muda, agar Tidur Lebih Nyenyak

4. Mengatasi kulit kepala kering

Kulit kering adalah salah satu keluhan kehamilan yang sering terjadi. Tak hanya kulit tubuh, kulit kepala pun bisa kering hingga membuat Anda merasa gatal-gatal. Untuk itu, atasi dengan mengoleskan minyak kelapa setiap malam. Tidak perlu banyak-banyak kok, Moms, cukup usapkan 2 tetes minyak kelapa ke telapak tangan Anda, pijat lembut kulit kepala hingga minyak meresap, dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas bersih kepala dengan air suam-suam kuku. Efektif dan aman untuk bumil, Moms.

5. Mengatasi stretch mark

Meregangnya kulit di masa kehamilan memang kerap meninggalkan stretch mark ya, Moms. Perut, paha, dan bokong menjadi area tubuh yang paling sering mengalami stretch mark. Untuk mencegah dan mengurangi keluhan ini, mengoleskan minyak kelapa bisa jadi opsi aman dan ampuh karena minyak kelapa mampu meningkatkan elastisitas kulit.

Tentunya ini pilihan yang lebih disarankan daripada menggunakan krim stretch mark berbahan dasar kimia. Gunakan sejak sebelum kehamilan ya, Moms, agar kulit Anda lebih elastis dan siap menghadapi kehamilan.

6. Memberikan manfaat susu

Bumil alergi susu? Jangan takut Anda tidak bisa mendapatkan manfaat susu, karena minyak kelapa bisa memberikan segala nutrisi dalam susu sapi dengan kadar yang hampir sama lho, Moms.

7. Mencegah BBLR

Khawatir bayi terlahir dengan berat badan rendah? Rutin mengonsumsi minyak kelapa bisa menjadi solusi efektif. Sebuah studi pada hewan yang dipublikasikan di Journal of Development Neuroscience menemukan fakta bahwa bayi hewan pengerat yang diberikan minyak kelapa tumbuh lebih optimal jika mengalami berat badan lahir rendah dan kemampuan motoriknya lebih baik dan cepat, dibandingkan yang tidak diberikan minyak kelapa. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)