Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ini Cara Aman dan Ampuh Meredakan Sinusitis saat Hamil

Ini Cara Aman dan Ampuh Meredakan Sinusitis saat Hamil

Kehamilan memang kerap diwarnai dengan beberapa keluhan, seperti mual, nyeri punggung, dan kaki bengkak. Keluhan-keluhan tersebut bisa terasa semakin tidak nyaman ketika bumil mengalami sinusitis atau infeksi sinus. Ya, infeksi sinus merupakan komplikasi dari flu biasa dan kehamilan bisa membuat kondisi ini semakin buruk, Moms.

Mengutip American Pregnancy Association (APA), sinusitis merupakan peradangan dinding sinus. Ini terjadi ketika dinding saluran napas di hidung bengkak karena infeksi. Ini bisa terjadi di semua trimester kehamilan yang membuat bumil semakin tidak nyaman. Apa saja gejalanya dan bagaimana cara aman meredakan sinus saat hamik? Ketahui infonya ya, Moms.

Gejala Sinus

Infeksi dan pembengkakan di dinding sinus ini bisa sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil. Terlebih, hidung ibu hamil lebih sensitif. Untuk itu, ketahui gejala sinusitis berikut ini:

* Rasa sakit atau tertekan di area dahi, pipi, hidung, dan mata.

* Hidung tersumbat

* Hidung meler

* Sakit kepala

* Demam

* Sakit tenggorokan

* Batuk

* Napas berbau tak sedap

* Kemampuan mencium berkurang

Penyebab Sinusitis

Gejala sinusitis seperti disebutkan di atas sangat menyerupai selesma, flu, atau reaksi alergi. Jika infeksi sinus yang Anda alami tergolong akut, maka gangguan ini bisa terjadi selama 4-12 minggu lho, Moms. Apa sih penyebabnya? Menurut APA, penyebab terserang sinusitis adalah infeksi virus, bakteri, dan jamur.

Namun ini juga bisa menjadi komplikasi dari selesma (common cold). Kondisi ini bisa semakin rentan terjadi jika bumil memiliki riwayat alergi. Apa pun penyebabnya, lendir hidung berlebih dapat menutupi rongga sinus dan menyebabkan bengkak atau inflamasi. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan infeksi.

Cara Aman Meredakan Sinus saat Hamil

Walau gejala di atas sangat mengganggu, namun bumil bisa tenang karena ada pengobatan aman untuk meredakan sinusitis. Mengutip Healthline, berikut beberapa cara aman untuk meredakan sinusitis saat hamil:

* Gunakan cairan saline untuk membantu membersihkan hidung.

* Gunakan humidifier atau alat pelembap udara, agar hidung bebas tersumbat karena udara yang dihirup cukup lembap.

* Mandi air hangat dapat membantu mengurangi keluhan sinusitis.

* Tinggikan posisi bantal agar posisi kepala lebih tinggi dari tubuh. Hal ini membantu mengurangi penumpukan cairan berlebih di area sinus.

* Mengonsumsi makanan hangat dan berkuah dapat membantu meredakan keluhan sinusitis.

* Cukupi kebutuhan cairan harian, minumlah setidaknya 8 gelas per hari.

Jika sinusitis sudah sangat menyiksa, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda agar diberikan resep yang aman dan sesuai dengan tubuh Anda. Dokter mungkin akan memberikan resep obat dekongestan, antihistamin untuk mengurangi pembengkakan, ekspektoran untuk mengencerkan dahak dan lendir di hidung, serta obat batuk jika sinusitis menyebabkan Anda batuk.

Ingat, jangan sembarangan minum obat saat hamil ya, Moms. Walau Anda sudah lama mengonsumsi obat pereda sinusitis tersebut, namun konsumsinya harus ditanyakan ke ahlinya jika Anda sedang hamil. Stay healthy, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)