Type Keyword(s) to Search

Rempah dan Herbal yang Bisa Bantu Tingkatkan Suplai ASI

Rempah dan Herbal yang Bisa Bantu Tingkatkan Suplai ASI

Air susu ibu atau ASI merupakan sumber gizi utama dan terbaik bagi bayi Anda khususnya sampai ia berusia 6 bulan. Menyadari hal ini, tentunya Moms akan berusaha untuk bisa mengASIhi Si Kecil dengan baik dan memastikan produksi ASI Anda lancar. Namun di sisi lain, tak sedikit ibu yang memiliki masalah pada produksi ASI-nya, di mana produksi ASI nya mungkin tidak lancar atau bahkan sedikit.

Untuk mengatasi masalah produksi ASI tersebut, biasanya Moms disarankan untuk rutin memompa ASI, menyusui lebih sering, memijat payudara, dan memenuhi kebutuhan gizi selama masa menyusui. Selain itu, Moms juga bisa mencoba beberapa rempah dan herbal berikut yang dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi ASI Anda.

1. Jahe

Jahe biasa digunakan untuk menambah rasa pada makanan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain dapat membantu mengatasi mabuk perjalanan atau masalah pencernaan, di beberapa belahan dunia tertentu, jahe merupakan galaktagog alami dan salah satu makanan laktogenik yang efektif untuk meningkatkan suplai ASI.

2. Bawang Putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai galaktagog dan obat herbal untuk merangsang produksi ASI dan meningkatkan suplai ASI. Sebuah pengamatan menunjukkan bahwa bayi tetap menyusu dan akan menyusu lebih lama saat ibunya mengonsumsi bawang putih. Karena peningkatan waktu mengASIhi tersebut, otomatis ini bisa berpengaruh pada peningkatan suplai ASI. Tak heran ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa bawang putih dapat membantu ibu menyusui menghasilkan lebih banyak ASI.

3. Fenugreek

Fenugreek merupakan tanaman yang umumnya tumbuh di wilayah Mediterania. Tanaman yang biasa disebut kelabat atau klabet ini merupakan ramuan yang paling sering digunakan untuk meningkatkan suplai ASI dan merupakan bahan utama yang digunakan pada banyak teh laktasi. Kemampuan fenugreek dalam meningkatkan produksi ASI ini diduga karena fenugreek bisa menstimulasi kelenjar keringat. Pada dasarnya, kelenjar air susu merupakan turunan dari kelenjar keringat, sehingga dapat distimulasi juga oleh fenugreek.

4. Goat's Rue

Goat's rue yang memiliki nama latin Galega officinalis merupakan tanaman berbunga berwarna ungu atau kebiruan yang masih satu famili dengan fenugreek. Goat's rue dalam bentuk kering biasa digunakan sebagai galaktagog serta dipercaya dapat merangsang pertumbuhan jaringan payudara dan mendukung suplai ASI lebih banyak.

5. Blessed Thistle

Blessed thistle (Cnicus benedictus) merupakan tanaman yang bunga, daun, dan batang tanamannya dapat digunakan dan bermanfaat untuk banyak hal. Biasanya tanaman ini dikombinasikan dengan fenugreek untuk membantu meningkatkan suplai ASI yang rendah. Melansir laman Healthline, sebuah tinjauan pada 2016 menunjukkan bahwa blessed thistle biasanya digunakan sebagai galaktagog herbal yang dapat meningkatkan kadar prolaktin sehingga bisa meningkatkan suplai ASI.

6. Milk Thistle

Milk thistle atau Silybum marianum merupakan tanaman berduri yang memiliki bunga berwarna ungu dan daun yang memiliki vena putih yang khas, yang biasa digunakan sebagai bahan obat herbal. Berdasarkan cerita lampau, vena putih pada daun tanaman tersebut dianggap melambangkan ASI dan diyakini dapat membantu meningkatan suplai ASI.

7. Fennel

Fennel atau adas ini merupakan tanaman aromatik yang biasa digunakan untuk bahan kuliner maupun obat-obatan. Adas telah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah pencernaan dan masalah menstruasi. Selain itu adas juga dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Melansi laman Verywell Family, beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa fennel dapat meningkatkan kadar prolaktin, yaitu hormon utama yang bertanggung jawab untuk merangsang produksi ASI dan dapat meningkatkan volume ASI serta penambahan berat badan bayi.

8. Stinging Nettle

Sejak zaman kuno, stinging nettle atau jelatang telah menjadi bahan pokok dalam pengobatan herbal. Jelatang diketahui tinggi akan zat besi dan mengandung vitamin serta mineral. Saat dikonsumsi setelah melahirkan, jelatang dipercaya dapat mengobati anemia, mengatasi kelelahan, serta meningkatkan suplai ASI.

9. Alfalfa

Alfalfa merupakan tanaman herbal yang mengandung vitamin, mineral, kaya antioksidan, rendah lemak jenuh, tinggi protein dan serat. Sejak lama alfalfa telah digunakan ibu menyusui untuk mendukung proses laktasi. Alfalfa juga diketahui mengandung fitoestrogen atau komponen tanaman yang menyerupai estrogen yang dipercaya dapat meningkatkan suplai ASI.

10. Brewer's Yeast

Brewer's yeast tidak hanya biasa digunakan sebagai bahan pembuatan roti atau bir, namun juga digunakan sebagai galaktagog untuk ibu menyusui. Brewer's yeast diketahui mengandung protein yang sangat mudah dicerna, mineral, vitamin B, asam amino utama serta kromium yang dapat mendukung suplai ASI yang sehat untuk ibu menyusui.

Sebaiknya, sebelum Moms memutuskan untuk mengonsumsi berbagai rempah dan herbal tersebut guna meningkatkan suplai ASI, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter atau ahli laktasi terlebih dahulu, ya. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)