Type Keyword(s) to Search

Amankah Mengonsumsi Ginseng saat Hamil dan Menyusui?

Amankah Mengonsumsi Ginseng saat Hamil dan Menyusui?

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Tanaman ini memang sudah sejak lama dikenal memiliki banyak khasiat dan kerap dimanfaatkan untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan.

Ada dua jenis ginseng yang umum digunakan, yakni ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea (Panax ginseng). Ya, Tanaman ini tak hanya ditemukan di kawasan Asia seperti Korea dan Cina, tapi terdapat juga di Amerika Utara, terutama di Kanada.

Ginseng memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas, mengatasi kelelahan, dan menurunkan tingkat stres. Biasanya ginseng dikonsumsi dalam bentuk tablet, kapsul, ekstrak, dan teh.

Ginseng yang termasuk bahan alami dalam pembuatan ramuan atau obat-obatan ini mungkin terdengar sempurna untuk mengatasi kehamilan yang sulit. Ya, Moms mungkin terpikir untuk mengonsumsi tanaman herbal ini guna membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat tengah hamil atau menyusui Si Kecil. Namun, apakah ginseng aman bagi ibu hamil maupun ibu menyusui?

Ibu Hamil dan Ibu Menyusui Disarankan Tidak Mengonsumsi Ginseng

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ginseng mungkin tidak aman dikonsumsi saat hamil, terutama pada tahap awal kehamilan. Berdasarkan studi The Journal Human Reproduction yang dilakukan pada hewan, ditunjukkan bahwa senyawa dalam ginseng yang disebut ginsenoside Rb1 menyebabkan kelainan pada embrio tikus.

Studi tersebut menemukan fakta bahwa semakin tinggi konsentrasi ginsenoside Rb1 di dalam tubuh ibu hamil, semakin besar pula risiko yang bisa dialami janin. Zat aktif ini disebut bisa menyebabkan cacat lahir pada janin. National Institutes of Health (NIH) juga menyarankan perempuan untuk tidak mengonsumsi ginseng selama masa kehamilan.

Ginseng Korea (Panax ginseng) juga diketahui memiliki sifat antikoagulan atau berfungsi dalam mencegah penggumpalan darah. Karena itu, jika ibu hamil mengonsumsi ginseng, Anda dikhawatirkan akan berisiko mengalami perdarahan, dan hal ini tentu bisa menyebabkan masalah serius pada kehamilan Anda.

Melansir FirstCry Parenting, efek samping lainnya yang umum dialami oleh ibu hamil saat minum teh ginseng adalah menyebabkan diare. Moms mungkin akan mengalami frekuensi buang air besar (BAB) lebih sering setelah mengonsumsi teh ginseng. Diare yang terjadi bisa menyebabkan Anda dehidrasi dan hal ini bisa berdampak buruk buat janin.

Ada lagi sejumlah efek samping dari mengonsumsi ginseng saat tengah hamil yang bisa membuat Anda jadi tidak nyaman menjalani kehamilan, antara lain menyebabkan mulut menjadi kering akibat enzim yang terdapat dalam ginseng, mengalami sakit kepala dan sulit tidur yang bisa memperparah kondisi dan suasana hati Anda esok harinya, serta adanya perubahan tekanan darah dan perubahan detak jantung.

Adapun untuk ibu yang sedang menyusui, keamanan mengonsumsi ginseng selama masa menyusui memang belum bisa dipastikan. Sejauh ini juga belum diketahui efek samping konsumsi ginseng pada ibu menyusui. Namun untuk berjaga-jaga, para ahli merekomendasikan agar Moms lebih baik menghindari ginseng sampai Anda selesai melakukan proses menyusui pada bayi. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)