Type Keyword(s) to Search
BABY

Bayi Belajar Tidur Sendiri

Bayi Belajar Tidur Sendiri

Jika di awal kelahiran bayi hanya terjaga selama 45 menit lalu tidur kembali, di usia 3 bulan ia akan terjaga lebih lama. Waktu tidurnya juga akan jauh lebih lama dibandingkan dengan sebelumnya. Di usia ini bayi pun sedang belajar menenangkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, memberi susu, menepuk-nepuk, dan menggendongnya supaya ia cepat terlelap, malah akan membuatnya tidak terbiasa tidur sendiri.

 

“Bayi mulai menangkap isyarat dan mengasosiasikan semua hal itu dilakukan untuk membantunya tertidur ketika ia berusia 10 minggu. Kebiasaan yang dilakukan itulah yang kemudian akan membuat dirinya bergantung pada Anda,“ tutur Sharon Donaldson, seorang perawat kesehatan anak dan ahli dari M&B, seperti dikutip dari M&B AU.

 

Sharon merokemendasikan agar para ibu memberikan pelukan sebentar kepada Si Kecil saat ia akan tidur lalu menaruhnya di tempat tidur atau ranjang bayi. Redupkan cahaya di kamar, pasang musik yang menenangkan, atau menyalakan mesin pembuat white-noise juga dapat membantu bayi lebih cepat tertidur. Pertama-tama mungkin ia akan menangis, tapi berikan jeda waktu untuk melihat perilaku selanjutnya dari Si Kecil. Apabila ia tetap menangis, Anda bisa memberinya objek lain yang bisa menenangkannya. Yang penting kuncinya adalah konsisten. (Sagar/OCH/Dok. M&B)