Type Keyword(s) to Search

8 Cara Efektif untuk Menenangkan Bayi yang Menangis

8 Cara Efektif untuk Menenangkan Bayi yang Menangis

Bayi dan tangisan seakan tak dapat dipisahkan ya, Moms. Ya, menangis adalah hal yang wajar dilakukan Si Kecil. Namun, terkadang tangisan tersebut tak kunjung berhenti sehingga membuat Moms khawatir.

Ada banyak alasan bayi menangis. Bisa saja Si Kecil menangis karena lapar, lelah, kedinginan, kepanasan, bosan, kesakitan, atau bahkan merasa tidak nyaman karena popoknya basah. Namun tak jarang juga, bayi menangis tanpa sebab yang jelas.

Nah, sering kali tangisan bayi membuat Moms tidak tega atau bahkan khawatir. Apalagi jika tangisan itu sering dan berdurasi cukup lama. Tak jarang bahkan orang tua dibuat stres karena tangisan Si Kecil. Faktanya memang tak mudah untuk menenangkan bayi. Tapi trik berikut ini mungkin bisa membantu Moms menenangkan Si Kecil yang lagi menangis.

1. Menyusui

Ya, menyusui merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menenangkan bayi. Biasanya, bayi menangis karena lapar. Saat diberikan ASI, ia akan merasa kenyang sekaligus nyaman dengan sentuhan kulit dan pelukan ibu. 

2. Membedong Bayi

Saat dibedong, bayi akan merasa seperti kembali ke dalam rahim ibu karena merasa hangat. Cara ini juga bisa digunakan untuk menenangkan bayi. Moms bisa membedong bayi dengan selimut khusus bayi atau kain flanel, lalu mengusapnya dengan lembut. Tapi ingat ya Moms, jangan membedong bayi terlalu ketat karena justru akan membuat Si Kecil merasa tidak nyaman. 

Sementara itu, jika bayi masih menangis dan menggeliat ketika dibedong, mungkin ia memang tidak menginginkannya. Sebaiknya, Moms melepas bedong bayi dan menenangkannya dengan cara lain.

3. Memanfaatkan White Noise

Tahukah Moms bahwa sejak di dalam rahim, bayi bisa mendengar berbagai suara? Suara bising atau white noise dapat membantu bayi merasa seperti kembali ke dalam rahim, sehingga ia menjadi lebih tenang. Anda dapat menciptakan white noise dengan menyalakan kipas angin, penyedot debu, shower, keran air, atau bahkan radio. Suara semacam itu mungkin terdengar mengganggu bagi Anda. Akan tetapi suara tersebut bisa memberikan efek menenangkan bagi sebagian bayi karena mirip dengan suara tubuh yang didengarkan saat masih berada dalam rahim.

4. Melantunkan Lagu atau Musik

Melantunkan lagu sambil menggendong Si Kecil juga memiliki efek menenangkan, lho. Selain sudah mengenali suara ibunya, lantunan lagu juga bisa membuatnya rileks. Selain dengan bernyanyi lembut, Moms juga bisa memperdengarkan lagu-lagu bernada santai kepada Si Kecil untuk menenangkannya.

5. Membawanya ke Luar Rumah

Seperti halnya orang dewasa, bayi juga bisa merasa bosan dan gerah berada di dalam rumah. Tak ada salahnya jika Moms membawanya ke teras agar Si Kecil mendapatkan udara sejuk yang membuatnya merasa lebih nyaman.

6. Mandi Air Hangat

Air hangat dapat memberikan efek ketenangan. Oleh sebab itu, memandikan bayi juga bisa menjadi opsi bagi Moms untuk menenangkan Si Kecil. Pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas. Tapi perlu diingat, sebagian bayi kurang menyukai air sehingga tangisnya akan semakin menjadi saat dimandikan. Jika hal tersebut terjadi, jangan paksa bayi untuk terus mandi.

7. Mengayun Bayi

Di dalam rahim, bayi terbiasa dengan banyak gerakan. Mengayun bayi dengan menggunakan ayunan atau dalam gendongan, akan membantunya merasa tenang dan tertidur. Selain ayunan, getaran di kursi bayi juga bisa memiliki efek menenangkan bagi sebagian bayi.

8. Memijat Lembut

Sebagian bayi menangis hanya karena ingin disentuh oleh ibunya. Jadi Anda juga bisa memijat lembut tangan, kaki, perut, atau punggung Si Kecil hingga ia merasa nyaman. Tidak perlu memberikan tekanan dalam pijatan tersebut. Cukup usapan lembut sehingga bayi bisa merasakan kasih sayang ibunya. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)