Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Manfaat Buah Sukun untuk Bantu Jaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Buah Sukun untuk Bantu Jaga Kesehatan Ibu Hamil

Moms, Anda mungkin sudah tidak asing dengan sukun, ya. Buah dengan nama Latin Artocarpus altilis ini memiliki bentuk luar yang sekilas mirip dengan nangka, namun rasa dan teksturnya tentu berbeda. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak.

Sukun sendiri digemari banyak orang karena bisa diolah menjadi berbagai macam penganan. Buah ini dapat diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, dikukus, dipanggang, hingga dibuat menjadi keripik.

Buah tropis ini pun ternyata juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Di dalamnya terkandung nutrisi yang baik untuk menjaga kehamilan, seperti protein, serat, karbohidrat kompleks, dan air. Terdapat juga vitamin B, vitamin C, beta karoten, folat, dan juga vitamin E, serta beragam mineral yang dibutuhkan bumil.

Karena berbagai kandungan inilah, Moms boleh mengonsumsi sukun. Apa saja manfaat sukun untuk bumil?

1. Meningkatkan hemoglobin

Hemoglobin (Hb) merupakan zat penting berupa protein yang ada di dalam sel darah merah dan berperan dalam penyaluran oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kadar Hb yang rendah pada bumil bisa menyebabkan anemia yang berbahaya bagi kesehatan Anda dan janin. Salah satu cara menjaga kadar Hb agar tetap normal di dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi, seperti buah sukun.

2. Menangkal radikal bebas

Di dalam sukun terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga imunitas tubuh. Karenanya, Moms yang mengonsumsi sukun akan lebih kuat untuk menangkal radikal bebas serta mencegah paparan bakteri dan virus selama beraktivitas. Kesehatan jantung pun juga bisa terjaga dengan lebih baik.

3. Membantu perkembangan otak janin

Dilansir dari Healthline, sukun yang mengandung asam folat efektif untuk membantu mencegah bayi lahir cacat. Selain itu, perkembangan otak bayi juga akan maksimal jika bumil mengonsumsi sukun secara teratur dan tetap menerapkan pola hidup sehat.

4. Mencegah sembelit

Sukun juga dapat mencegah masalah pencernaan seperti sembelit karena kandungan serat yang ada di dalamnya. Risiko obesitas serta diabetes juga bisa berkurang pada bumil, karena serat ini mampu mengurangi penyerapan gula oleh tubuh.

5. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan mineral kalsium dalam sukun juga bisa membantu memperkuat pembentukan tulang dan gigi janin. Kesehatan tulang dan gigi Moms juga akan terjaga selama hamil.

6. Mengatasi masalah kulit

Masalah kulit merupakan keluhan yang umum dialami bumil. Gangguan ini bisa diatasi dengan mengonsumsi sukun. Mengonsumsi sukun minimal 2 hari sekali akan menjadi solusi yang tepat.

7. Mencegah depresi

Selama kehamilan, rasa tertekan, stres, hingga depresi mungkin saja menghampiri Anda. Namun, antidepresan dalam buah sukun mampu membuat tubuh Moms jadi lebih tenang dan rileks selama menjalani kehamilan.

Nah, itu tadi beragam manfaat sukun untuk ibu hamil. Semoga setelah mengonsumsi buah ini secara teratur dan dengan porsi yang wajar, kehamilan Anda serta janin dalam kandungan tetap terjaga hingga waktu persalinan tiba ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Frombump to birth