Type Keyword(s) to Search
BABY

Mengepalkan Tangan Tanda Bayi Lelah

Mengepalkan Tangan Tanda Bayi Lelah

Bayi Anda sudah dapat mengepalkan tangannya dengan sengaja ketika ia memasuki usia 4-5 bulan. Namun tahukah Anda alasan di balik Si Kecil melakukan itu? Dilansir dari M&B AU, saat bayi mengepalkan tangannya, ia sedang menyampaikan kepada orang di sekitarnya kalau ia merasa kewalahan atau terlalu banyak distimulasi. Jadi, itu pertanda ia tidak ingin diganggu dulu.

 

“Mengepalkan tangan adalah gerakan tipikal yang biasa dilakukan bayi saat sedang terlalu lelah atau terlalu banyak distimulasi. Ia juga akan meringis, merengek, dan membuang muka. Begitulah cara ia mengekspresikan emosi melalui gerakan tubuhnya dan ingin istirahat sejenak dari aktivitas yang sedang dilakukannya atau ia ingin tidur karena kelelahan,” tutur Sharon Donaldson, seorang perawat kesehatan keluarga.

 

Apabila Si Kecil mengepalkan tangannya, berikan ia waktu istirahat sekitar 5-10 menit. Intonasi suara Anda pun sangat berarti baginya yang belum mengerti arti ucapan-ucapan yang diutarakan. Karenanya, berbicaralah kepadanya dengan nada yang lembut dan menenangkan, seperti, “Kamu lelah ya, Sayang? Istirahat dulu ya sebentar.“ Ia pasti akan merasa nyaman karena Anda mengerti keinginannya. (Sagar/OCH/Dok. M&B)