Type Keyword(s) to Search
BABY

Fakta Tubuh Newborn

Fakta Tubuh Newborn

Dari pertama kali Anda melihat Si Kecil, Anda pasti akan jatuh hati dan enggan berpisah darinya. Selama 6 minggu setelah ia dilahirkan, Anda akan menemukan banyak fakta-fakta menarik seputar dirinya. Dilansir melalui M&B AU, berikut adalah fakta anggota tubuh Si Kecil.

 

1.Bayi lahir dengan posisi tangan yang mengepal, jadi jika Anda menaruh jari Anda di telapak tangannya, ia akan secara refleks menggenggamnya. Tangannya mungkin akan terlihat biru akibat sirkulasi darah yang masih sangat muda, dan itu adalah hal yang lumrah. Akan tetapi  bila bibir atau lidahnya berwarna kebiruan, segeralah memeriksakan Si Kecil ke dokter.


2.Kaki newborn sudah cukup kuat dan sangat fleksibel sejak awal kelahirannya. Kalau Anda memposisikan dirinya berdiri, secara refleks ia akan menendang-nendang seolah sedang berjalan. Jari-jari kakinya juga secara refleks dapat menekuk ke arah bawah saat Anda menekan bagian sisi kakinya. Begitupun ketika Anda membelai kakinya, ia akan refleks menekuk jempolnya ke arah atas.


3.Saat lahir mata newborn berukuran 2 per 3 dari ukuran mata orang dewasa dan ia dapat melihat objek yang berjarak 20-30 sentimeter di depannya. Matanya akan terlihat sedikit bengkak, namun ini tidak perlu dikhawatirkan dan sama sekali tidak mengganggu pandangannya.


4. Telinga newborn adalah miniatur dari telinga orang dewasa. Beberapa bagian dalam telinganya masih sangat muda sehingga sangat sulit menentukan apakah ia sudah bisa mendengar sampai usia 1 bulan. Kebanyakan bayi akan berhenti bergerak lalu membelalakkan matanya saat mendengar suara yang dianggapnya menarik. (Sagar/SR/Dok. M&B)