Type Keyword(s) to Search

Tips Mempersiapkan Diri untuk Menghadapi Persalinan Anda

Tips Mempersiapkan Diri untuk Menghadapi Persalinan Anda

Sejak Anda pertama kali dinyatakan positif hamil, kemudian menjalani masa kehamilan, dan bersiap menjelang proses persalinan, Moms perlu menjalani pola hidup sehat, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang, tetap aktif dan berolahraga secara teratur sesuai dengan anjuran dokter, serta cukup istirahat.

Mudah dikatakan, namun kenyataannya mungkin saja Anda masih agak bingung untuk menerapkannya. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama Anda ya, Moms. Namun, tenang saja, M&B akan membantu Anda. Berikut ini beberapa tips yang akan menolong Anda mempersiapkan diri menghadapi momen bersejarah dalam hidup, yaitu melahirkan Si Kecil.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Saat hamil, Moms tidak hanya makan dan minum untuk diri sendiri, melainkan juga untuk janin dalam kandungan. Tapi satu hal yang perlu diingat, kualitas asupan gizi harus menjadi prioritas ketimbang kuantitasnya. Anda tidak sekadar membutuhkan makanan yang mengenyangkan, tapi juga perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi, terutama yang mengandung protein, vitamin dan mineral, lemak baik, karbohidrat komplek, serta serat dan cairan.

Anda harus menempatkan nutrisi yang baik sebagai prioritas utama dengan menjalankan pola makan sehat dan mengontrol kenaikan berat badan yang ideal. Hal ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan tubuh menghadapi persalinan. Berikut ini penerapan pola makan sehat untuk mempersiapkan tubuh yang kuat dan bugar selama kehamilan:

1. Pilihlah makanan yang tak mengandung bahan adiktif, MSG, dan rendah garam atau natrium.

2. Hindari konsumsi junk food dan minuman bersoda.

3. Akan lebih baik jika Anda memilih bahan makanan organik.

4. Perhatikan kadar konsumsi kafein harian Anda. Ingatlah bahwa kafein tak hanya terkandung dalam kopi, tetapi juga teh dan cokelat.

5. Perbanyak jumlah asupan air putih.

Tetap Aktif dan Berolahraga Secara Teratur

Tetap aktif dan berolahraga secara teratur merupakan salah satu kunci sehat selama hamil. Jika Anda memiliki waktu, daftarkan diri Anda dalam kelas-kelas khusus kehamilan, seperti prenatal yoga atau pilates. Salah satu alasan yoga direkomendasikan untuk menghadapi persalinan adalah teknik bernapas yang baik. Jenis olahraga lain yang baik bagi ibu hamil adalah berenang, berjalan kaki, dan low impact aerobics.

Jika Anda kesulitan menyelipkan olahraga dalam agenda sehari-hari, cobalah menjadi aktif dengan cara lain, seperti:

* Berjalan kaki setidaknya 10 menit setiap hari.

* Jika pekerjaan menuntut Anda untuk banyak duduk, pastikan Anda berjalan setiap 1 jam, meskipun sekadar berkeliling ruangan. Jika Anda banyak berdiri, pastikan untuk duduk beberapa menit setiap 1 jam sekali.

* Selalu duduk dengan posisi tegak untuk membantu menghindari posisi salah pada janin.

Anda mungkin juga akan dianjurkan untuk melakukan senam Kegel untuk keberhasilan persalinan. Latihan otot pelvis sangat penting untuk ibu hamil. Latihan ini bisa memperkuat otot panggul dan vagina yang akan "bekerja keras" selama persalinan. Kegel bisa dilakukan kapan saja, bahkan saat duduk.

Cukup Istirahat

Selama menjalani kehamilan, terutama di trimester terakhir, pastikan Anda mendapatkan banyak istirahat dan tidur yang dibutuhkan. Dengan cukup istirahat, Anda akan mengumpulkan cukup stamina untuk persalinan. Sejak awal kehamilan, terapkan posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil, yaitu miring ke kiri, agar Anda merasa nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak.

Jika mengalami kesulitan tidur, Moms bisa coba meditasi dan yoga atau mandi air hangat. Jika ketakutan dan perasaan khawatir akan proses persalinan membuat Anda terjaga, cobalah daftarkan diri ke kelas parenting atau persalinan. Dengan menambah pengetahuan dan berbagi dengan sesama ibu hamil lainnya, diharapkan ketakutan dan kekhawatiran Anda perlahan akan menghilang.

Selamat mempersiapkan masa persalinan dengan tenang dan nyaman, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)