Type Keyword(s) to Search
BABY

9 Variasi Sumber Karbohidrat yang Baik untuk MPASI Bayi

9 Variasi Sumber Karbohidrat yang Baik untuk MPASI Bayi

Di masa MPASI, Moms mungkin akan mengalami kesulitan saat bayi mulai susah diajak makan. Tak jarang Si Kecil melakukan GTM (gerakan tutup mulut), di mana ia akan menolak makanan apa pun masuk ke dalam mulutnya.

Bisa jadi, alasan Si Kecil menolak menu MPASI adalah karena ia bosan dengan menu yang itu-itu saja. Ya, bukan melulu soal lauk dan sayur, Moms ternyata juga perlu mengubah varian sumber karbohidrat untuk menu yang akan dikonsumsi anak.

Karbohidrat memang perlu ada dalam MPASI agar bisa diubah menjadi energi saat Si Kecil melakukan aktivitas. Selain nasi, apa saja sumber karbohidrat yang bisa diberikan pada bayi di masa MPASI? Simak daftarnya berikut ini, Moms.

1. Gandum atau quinoa

Gandum jadi salah satu sumber karbohidrat yang bisa diolah sebagai MPASI. Gandum kaya serat yang tentunya baik untuk kesehatan pencernaan. Untuk memberikannya, Moms harus membuat gandum memiliki tekstur sehalus mungkin. Selain itu, ada juga quinoa yang memiliki kandungan sama dengan gandum, tetapi tanpa gluten. Meski baik untuk tubuh, kedua bahan ini bisa menimbulkan efek alergi sehingga Moms perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak Anda.

2. Jagung

Di beberapa daerah di Indonesia, jagung memang jadi salah satu bahan pengganti beras sebagai sumber karbohidrat. Selain mengenyangkan, jagung juga kaya vitamin A. Kadar gula, sodium, serta lemak di dalam jagung juga relatif lebih rendah, sehingga memudahkan Moms untuk mencampurkan jagung dengan beragam bahan makanan lainnya.

3. Kentang

Kentang juga sering dipilih sebagai sumber karbohidrat untuk MPASI Si Kecil. Kentang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral, yang semuanya bagus untuk tumbuh kembang Si Kecil. Moms bisa membuat kentang tumbuk (mashed potato) atau kentang yang direbus sebagai varian MPASI bayi Anda setiap harinya.

4. Umbi-umbian

Jenis umbi-umbian seperti ubi dan singkong juga bisa Moms pilih sebagai alternatif menu MPASI bayi Anda. Warna umbi-umbian yang cenderung terang tentu akan menarik perhatian Si Kecil saat memakannya. Selain diolah sebagai puree, ubi dan singkong juga bisa dijadikan sebagai camilan berupa finger food dengan rasa yang akan disukai Si Kecil.

5. Labu

Sumber karbohidrat dengan rasa manis alami lainnya adalah labu. Labu yang punya kadar air cukup tinggi ini mengandung kalium, kalsium, zat besi, zinc, hingga antioksidan yang baik untuk tubuh. Moms pun bisa mengolah berbagai jenis labu, seperti labu parang, labu Hokkaido, atau labu butternut untuk MPASI Si Kecil.

Baca juga: 5 Ide Menu MPASI Mudah dan Penuh Gizi untuk Bayi 6 Bulan

6. Pisang

Buah pisang juga bisa menjadi penganti sumber karbohidrat MPASI bayi. Kandungan seratnya pun cukup tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Namun, jangan jadikan pisang sebagai menu pertama ataupun menu utama untuk dikonsumsi Si Kecil ya, Moms!

7. Pasta

Beragam pasta, seperti spaghetti, fusilli, atau macaroni juga bisa Moms berikan sebagai menu MPASI Si Kecil. Meski umumnya dibuat dari tepung gandum, Anda juga bisa mengolah pasta yang bebas gluten sendiri menggunakan tepung singkong, telur, dan air.

8. Mi

Olahan mi pasti akan sangat disukai anak-anak, termasuk mereka yang masih dalam fase MPASI. Moms bisa jadikan mi yang terbuat dari tepung terigu, bihun dari tepung jagung, atau misoa dari tepung beras, sebagai pengganti sumber karbohidrat yang biasa dikonsumsi Si Kecil. Agar anak tak tersedak saat mengonsumsinya, potong mi menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga lebih mudah ditelan bayi.

9. Roti

Roti bisa menjadi sumber karbohidrat MPASI bayi Anda. Moms bisa memilih roti berbahan tepung tinggi protein atau jenis sourdough yang dibuat tanpa pengembang. Meski bisa dijadikan pengganti sumber karbohidrat, tetap batasi jumlah roti yang dikonsumsi Si Kecil ya, Moms.

Baca juga: 10 Makanan yang Harus Dihindari saat Memberikan MPASI pada Bayi

(M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)