Type Keyword(s) to Search
BABY

Keseimbangan Bayi Usia 0-3 Bulan

Keseimbangan Bayi Usia 0-3 Bulan

Pasti sulit rasanya membayangkan bayi Anda yang mungil akan duduk, berdiri, dan berjalan sendiri tanpa bantuan siapapun. Padahal, perkembangan Si Kecil untuk menyeimbangkan tubuhnya akan sangat cepat terjadi sampai-sampai Anda tidak menyadarinya. Meski keseimbangan tubuh akan terjadi secara natural seiring waktu, Anda tetap perlu membantu Si Kecil serta mendengarkan informasi dan saran dari sumber yang terpercaya.

 

Dr. Jennifer Shu, pediatrik asal Atlanta, Georgia, AS, menuturkan bayi akan mulai mendemostrasikan keseimbangan tubuhnya dengan cara berusaha menaikkan kepalanya pada usia 1-2 bulan. Karenanya, ia pun merekomendasikan para orangtua untuk membantu bayinya melakukan tummy time setiap hari agar meningkatkan kekuatan otot leher dan gerak koordinasinya. Tummy time dilakukan dengan cara menengkurapkan Si Kecil lalu mengajaknya bermain.

 

Dilansir melalui Babyzone, untuk membantu mengembangkan keseimbangan tubuh Si Kecil di 3 bulan pertama kehidupannya, Dr. Shu menganjurkan beberapa tip dari buku The Wonder Years: Helping Your Baby and Young Child Successfully Negotiate the Major Developmental Milestone karangan Tanya Rember Altman:
1. Saat Si Kecil bangun, tengkurapkan tubuhnya supaya ia bisa berlatih mengangkat kepalanya.
2. Sesekali bicaralah dari bagian atas kepalanya.
3. Beberapa minggu di awal kelahirannya, hadapkan mainan berwarna-warni di depan Si Kecil untuk menarik perhatiannya. (Sagar/DT/Dok. M&B)