Type Keyword(s) to Search

Bantu Perkuat Sistem Imun Tubuh, Ini Manfaat Seledri untuk MPASI

Bantu Perkuat Sistem Imun Tubuh, Ini Manfaat Seledri untuk MPASI

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan daun seledri. Ya, seledri biasa digunakan sebagai bahan pelengkap dan penyedap rasa alami untuk makanan atau kadang dikonsumsi sebagai jus. Nah, Moms juga bisa lho, memberikan dan mencampurkan seledri ke dalam menu MPASI Si Kecil.

Seledri sendiri kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B1, B2, B6, vitamin C, dan kandungan mineral seperti potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium, serta kandungan asam amino esensial. Karena itu, seledri sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Amankah Seledri Dikonsumsi Bayi?

Moms bisa mulai perkenalkan daun seledri pada bayi Anda. Akan tetapi, Anda harus mewaspadai reaksi alergi yang mungkin bisa ditimbulkan. Karena itu, para ahli gizi dan dokter anak menyarankan untuk memperkenalkan seledri ketika Si Kecil sudah memasuki usia 10-12 bulan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko alergi saat mengonsumsi daun seledri terlalu dini. Moms juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum memberikan seledri sebagai menu MPASI bayi Anda.

Selain itu, seledri merupakan sayuran yang dapat membuat bayi tersedak. Batang seledri yang lebar dengan tekstur yang keras dapat menyebabkan Si Kecil tersedak jika tidak dikunyah dengan baik. Saat menyajikan seledri untuk bayi, pastikan Anda memotong dan memasaknya dengan baik hingga lunak ya, Moms.

Sebagai permulaan, Anda bisa mengolah daun seledri sebagai bubur dan mencampurnya dengan kentang, wortel, atau bahan lainnya. Sebelum menyajikan bubur daun seledri kepada Si Kecil, pastikan Anda menyaring bubur terlebih dahulu untuk mendapatkan tekstur yang tepat.

Di usia 12-18 bulan, atau ketika kemampuan mengunyah Si Kecil sudah lebih baik, Moms bisa memberikan potongan kecil daun seledri yang telah dikukus terlebih dahulu. Saat menyajikan potongan daun seledri, pastikan anak Anda duduk dan tidak berlarian, serta selalu awasi Si Kecil dengan cermat, agar terhindar dari risiko tersedak.

Manfaat Seledri untuk MPASI

Seperti telah disebutkan, seledri mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Lalu apa saja manfaat daun seledri untuk MPASI Si Kecil? Berikut penjelasan lengkapnya, Moms.

1. Tinggi Antioksidan

Journal of Evidence Based Alternative Medicine menemukan bahwa seledri memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi, seperti flavonoid dan asam fenolik. Sebagaimana diketahui, antioksidan sangat baik untuk mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh. Menambahkan daun seledri ke dalam menu MPASI dapat membantu melindungi Si Kecil dari berbagai penyakit dan kerusakan sel serta DNA akibat radikal bebas.

2. Sumber Vitamin dan Mineral yang Baik

Seledri merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Semua kandungan vitamin dan mineral ini akan memberikan kontribusi yang besar terhadap tumbuh kembang Si Kecil.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Seledri merupakan sumber vitamin yang baik, salah satunya vitamin C. Dikutip dari laman Parenting Healthy Babies, kandungan vitamin C dalam seledri memiliki peranan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh Si Kecil, yang pada gilirannya dapat memberikan perlindungan terbaik saat kuman atau virus menyerang tubuh anak.

4. Membantu Pencernaan

Tidak bisa dihindari, gangguan pencernaan sering dialami oleh bayi dan anak-anak. Nah, seledri dapat membantu melancarkan pencernaan bayi berkat kadar serat yang cukup baik. Serat terkenal baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, yakni membantu menjaga pergerakan usus agar teratur, mengurangi dan mencegah sembelit, serta membantu menjaga kesehatan usus anak.

5. Antikanker

Melansir laman Medical News Today, studi yang diterbitkan pada tahun 2009 menemukan bahwa seledri kaya akan antioksidan seperti flavonoid yang disebut luteolin. Kandungan luteolin dalam seledri memiliki sifat antikanker yang dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker. Karena alasan inilah, Moms bisa menambahkan seledri ke dalam menu MPASI Si Kecil untuk mengurangi risiko penyakit kanker.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Seledri mengandung kalsium yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak. Selain itu, kandungan vitamin E di dalam seledri dapat membantu menjaga kesehatan kulit bayi menjadi lebih lembut dan sehat.

7. Memberikan Hidrasi

Melansir laman Live Science, menurut Megan Ware, seorang ahli gizi, seledri mengandung sekitar 95 persen air. Karena alasan ini, mengonsumsi seledri dapat menjadi cara untuk menjaga level cairan yang dibutuhkan tubuh Si Kecil. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. )