Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Moms, Ini Karakter Anak Sesuai dengan Weton Lahirnya

Moms, Ini Karakter Anak Sesuai dengan Weton Lahirnya

Memahami karakter anak adalah hal penting bagi orang tua. Sebabnya, dengan cara ini orang tua mampu menyesuaikan aturan, sikap, dan gaya parenting untuk mendukung perkembangan Si Kecil yang optimal.

Ada berbagai cara untuk mengetahui karakter Si Kecil. Meski menjalin bonding dan quality time adalah langkah utama, Moms juga bisa gunakan instrumen lain lho, seperti weton! Tidak masalah menggunakan weton untuk membantu memahami karakter Si Kecil, kan? Selain menyenangkan, tentu bisa menambah wawasan baru tentang Si Kecil. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ya, Moms!

Warisan Budaya Jawa

Jika akhir-akhir ini ramalan astrologi dan kepercayaan Tionghoa makin populer, weton adalah tradisi Jawa dalam mengenal dan meramal segala hal di dalam hidup manusia, mulai dari menentukan masa tanam dan panen, meramal kecocokan jodoh, hingga menggambarkan karakter seseorang.

Weton ditentukan berdasarkan pengalaman para leluhur dalam memahami peristiwa alam dan hubungannya dengan manusia. Dari sinilah kemudian muncul beberapa pakem, penghitungan, maupun penafsiran weton tentang kehidupan manusia.

Penghitungan Karakter Manusia

Ada beberapa pakem atau tafsiran weton yang bisa digunakan untuk memahami karakter manusia. Namun, berikut ini adalah cara yang umum digunakan.

Pada dasarnya, weton adalah perayaan hari lahir yang berkacak pada hitungan hari (dino) dan pekan (pasaran) Jawa. Setiap dino dan pasaran memiliki neptu/naptu atau angkanya masing-masing sesuai hitungan tradisi. Jadi, pertama yang Anda harus lakukan adalah mengetahui neptu kelahiran Si Kecil. Berikut daftar neptu dino dan pasaran.


Kemudian, Anda perlu menambahkan neptu dino dan pasaran untuk mendapatkan makna weton. Misalnya, Si Kecil lahir pada Selasa Legi, maka penghitungannya 3 + 5 = 8. Setelah itu, Moms bisa sesuaikan hasil penghitungan dengan penjelasan berikut.

1. Pendito Kang Lelaku, jumlah neptu = 7

Karakternya "seneng nglenecer", atau bisa diartikan "gemar bepergian jauh". Si Kecil tidak tahan berdiam diri untuk waktu yang lama, sehingga sering bergerak dan berpindah-pindah. Ia dapat tumbuh sebagai pribadi yang gemar bepergian, baik dengan tujuan rekreasi atau pekerjaan. Kekurangannya, Si Kecil agak pemalas dan sulit berkomunikasi dengan baik.

2. Lakune Geni, jumlah neptu = 8

Si Kecil yang memiliki weton ini sering disebut "cilik kaitane, gede pungkasane". Artinya, ia termasuk sosok yang mudah mendendam dengan karakter seperti bara api. Emosinya meledak-ledak dan sangat bergairah.

3. Lakune Angin, jumlah neptu = 9

Leluhur Jawa menyebut sosok berweton ini sebagai "gampang dielus pikirane". Maksudnya, ia dapat mudah dipengaruhi oleh orang lain dan memiliki pendirian yang tidak kuat. Meski begitu, Si Kecil yang lahir dengan weton ini dikenal lincah dan kebal terhadap guna-guna.

4. Pendito Mbangun Teki, jumlah neptu = 10

Karakternya disebut sebagai "galem nuturi wong tapi gak galem ditutur'i". Soalnya, mereka cenderung gemar menasihati orang lain tapi tak suka diberi saran. Namun, ia akan tumbuh sebagai pribadi yang cerdas dan tak mudah tersinggung saat bersosialisasi.

5. Lakune Setan, jumlah neptu = 11

Si Kecil disebut memiliki karakter "ela elu, gak kena dadi pimpinan". Menurut primbon Jawa, orang dengan weton ini tidak cocok dijadikan sebagai pimpinan. Soalnya, Si Kecil termasuk orang yang plin plan, sehingga sulit mengambil keputusan penting.

6. Lakune Kembang, jumlah neptu = 12

Si Kecil kelahiran weton ini dipercaya berkarakter "galem diturut tapi emoh dadi punjeran". Sifat utamanya adalah cinta damai, sehingga mudah mengalah kepada orang lain. Si Kecil juga sangat penurut dan rajin dalam kesehariannya.

7. Lakune Lintang, jumlah neptu = 13

Karakter utamanya "emoh dadi punjeran, melok melok ora iso digayuh". Sebabnya, Si Kecil memiliki pesona yang luar biasa, sehingga orang senang bergaul dengannya. Ia adalah pribadi yang senang bertualang, sulit menetap, sehingga dianggap tak bisa dijadikan sebagai pemimpin.

8. Lakune Mbulan, jumlah neptu = 14

"Iso madangi wong akeh", Si Kecil dipercaya adalah sosok pendengar dan pemberi saran yang baik, sehingga bisa menjadi pencerah bagi banyak orang. Bisa dibilang, Si Kecil bisa membantu sesamanya saat dilanda masalah. Ia juga cerdas dan mudah bergaul.

9. Lakune Geni, jumlah neptu = 15

Para leluhur percaya pribadi yang lahir dengan weton ini sebagai "gede kaitane, cilik pungkasane, emoh diredam". Artinya, emosinya mudah tersulut seperti api, memiliki hati yang teguh dan keras sehingga tak suka diperintah.

10. Lakune Bumi, jumlah neptu = 16

Sifat Si Kecil dipercaya mudah diatur, memiliki hati yang lembut, dan suka mengayomi. Karena itu, para leluhur menafsirkan weton ini sebagai karakter yang tepat untuk menjadi seorang pemimpin. Namun, Si Kecil dapat sangat menyeramkan saat sedang marah.

11. Lakune Gunung, jumlah neptu = 17

Moody, pendiam, dan terlalu baik adalah beberapa kata yang menggambarkan Si Kecil yang berweton ini. Saking baiknya, Si Kecil dapat dikira mudah tertipu. Selain itu, karakter weton ini juga menunjukkan mudah berbagi uang dengan orang lain.

12. Lakune Paripurna, jumlah neptu = 18

Menurut primbon Jawa, orang dengan weton ini adalah sosok yang dominan dan egois. Ia menyukai kekuasaan dan tidak suka jika permintaannya ditolak. Emosinya juga mudah bergejolak, cepat agresif, namun juga cepat reda.

Nah, apa weton Si Kecil, Moms? Tidak perlu khawatir jika weton tidak menggambarkan hal yang Anda harapkan, karena kembali lagi, Moms bisa percaya maupun tidak percaya dengan penjelasan tersebut. Selain itu, pada hakikatnya, baik tidaknya karakter Si Kecil tergantung pada cara Anda membesarkannya. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)