Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Wajib untuk Ibu Hamil: Ini dia Beragam Manfaat Vitamin B Complex!

Wajib untuk Ibu Hamil: Ini dia Beragam Manfaat Vitamin B Complex!

Di masa kehamilan, semua yang calon ibu konsumsi tak hanya penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya sendiri, tapi juga untuk Si Kecil yang ada di dalam kandungan. Nah Moms, salah satu nutrisi penting yang wajib Moms penuhi dalam menu makanan Anda sehari-hari untuk mendukung kehamilan yang sehat adalah vitamin B complex.

Karena bila tak tercukupi, Moms bisa mengalami anemia, dermatitis, sering merasa kelelahan, risiko preeklampsia, risiko bayi dengan berat badan lahir rendah, hingga cacat lahir. Duh, tentunya Moms tak ingin hal ini terjadi, kan?

Apa sih, Vitamin B Complex?

Moms pasti sudah mengenal vitamin B. Tapi apa sih, sebenarnya vitamin B complex itu, ya? Nah, vitamin B complex ini adalah gabungan dari 8 jenis vitamin B yang ada, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin yang memiliki sifat mudah larut dalam air ini tentunya dapat memberikan beragam manfaat yang berbeda, sesuai dengan jenisnya. Oleh karena itu, kedelapan vitamin B ini harus dipenuhi setiap harinya karena memiliki peran penting untuk kesehatan calon ibu, maupun janin di dalam kandungan, terutama di trimester pertama dan ketiga kehamilan.

Manfaat dan Sumber Vitamin B Complex

Seperti yang sudah disebutkan di atas, 8 jenis vitamin B yang termasuk ke dalam vitamin B complex ini memiliki manfaat yang berbeda-beda. Yuk, kita pahami satu per satu, Moms!

1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau disebut juga thiamine memiliki manfaat yang besar untuk menunjang perkembangan otak bayi. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1 setidaknya 1,4 mg per hari.

Dapatkan dari: Oat, pasta dari gandum, sereal, kacang polong, ikan salmon, kaldu jamur, roti yang difortifikasi vitamin B1.

2. Vitamin B2

Nah, vitamin yang juga disebut riboflavin ini sangat penting untuk kesehatan mata dan kulit Moms. Tak hanya itu, vitamin B2 juga bermanfaat untuk perkembangan penglihatan janin, pertumbuhan tulang, otot, saraf, hingga kulit janin. Dengan mengonsumsi vitamin B2 secara teratur, Moms juga bisa terhindar dari risiko preeklampsia dan komplikasi kehamilan lainnya.

Dapatkan dari: Wortel, gandum, brokoli, tempe, bayam, ubi jalar, kacang almond, asparagus, jamur, keju, susu, telur, yoghurt.

3. Vitamin B3

Disebut niasin, mengonsumsi vitamin ini setidaknya 18 mg per hari mampu membantu mengurangi mual serta melancarkan pencernaan ibu hamil. Untuk janin pun, vitamin B3 akan membantu perkembangan otaknya, sistem saraf, dan kesehatan kulit.

Dapatkan dari: Dada ayam, tuna, kacang merah, biji bunga matahari, chia seeds.

4. Vitamin B5

Moms sering mengalami kram kaki saat hamil? Nah, vitamin B5 yang mengandung asam pantotenat ini bertugas untuk meringankannya, lho. Tak perlu banyak, cukup 6 mg per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin B5 Anda.

Dapatkan dari: Kuning telur, beras merah, kacang mede, brokoli, alpukat, tomat.

5. Vitamin B6

Mengandung pridoxine, vitamin ini sangat penting untuk perkembangan sistem saraf dan otak Si Kecil setiap minggu selama kehamilan. Konsumsi vitamin B6 sebanyak 25-50 mg setiap hari agar glukosa Si Kecil tetap terjaga, juga agar ia terhindar dari berat badan lahir rendah dan cacat lahir.

Dapatkan dari: Bawang putih, kacang polong, ubi jalar, buncis, alpukat, biji bunga matahari, beras merah, bayam, pisang, pepaya, dan daging sapi organik.

6. Vitamin B7

Jika Moms sering mengalami rambut rontok, kuku rapuh, atau ruam kulit saat hamil, itu berarti Moms kekurangan vitamin B7 alias biotin, nih. Tak hanya itu Moms, asupan salah satu vitamin B complex ini juga memberikan manfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin selama kehamilan. Jumlahnya? Tak banyak Moms, hanya sekitar 30 mcg per hari, kok.

Dapatkan dari: Susu, gandum, alpukat, bayam, brokoli, bunga kol, jamur, keju, kuning telur, daging ayam, kentang, dan kacang kedelai.

7. Vitamin B9

Familiar dong, dengan asam folat? Ya, kandungan yang terdapat dalam vitamin B9 ini adalah asupan yang sangat penting untuk ibu hamil. Manfaatnya sangat beragam, sebut saja, mulai dari menunjang pertumbuhan plasenta, mengurangi risiko bayi cacat lahir lahir seperti spina bifida dan bibir sumbing, mengurangi risiko preeklampsia, cacat jantung, serta mencegah anemia. Agar mendapatkan manfaat vitamin B complex yang satu ini, penuhi asupan vitamin B9 harian sebanyak 600 mcg setiap hari ya, Moms.

Dapatkan dari: Bayam, kacang-kacangan, asparagus, kacang polong, kecambah, mi telur, alpukat, lentil, hati sapi.

8. Vitamin B12

Vitamin B12  atau cobalamin tak hanya penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf ibu hamil, tapi jika dikombinasikan dengan asam folat, vitamin B12 ini bisa mencegah spina bifida dan cacat lahir sistem saraf tulang belakang. Supaya manfaat ini bisa didapatkan secara maksimal, pastikan Moms selalu memenuhi kebutuhan vitamin B12 sebanyak 4,5 mcg setiap hari.

Dapatkan dari: Ikan salmon, unggas, udang, yoghurt, daging sapi, susu, keju, susu kedelai.

Nah Moms, selain dari bahan-bahan alami, manfaat vitamin B complex bagi ibu hamil sebetulnya juga bisa Moms dapatkan melalui suplemen B complex yang lebih praktis. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Moms mengenai jenis dan dosis suplemen yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda ya, Moms. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)