Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

6 Makanan Ampuh untuk Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

6 Makanan Ampuh untuk Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Bagi Moms yang sedang hamil, Anda sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dengan optimal. Pasalnya, pada masa ini ibu hamil rentan mengalami gangguan kesehatan. Salah satu masalah yang kerap dialami bumil adalah anemia. Kondisi ini terjadi karena tubuh Anda butuh menghasilkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin dalam rahim.

Namun, jika Moms tidak mendapatkan cukup asupan nutrisi penting seperti zat besi, maka tubuh Anda tidak akan mampu memproduksi sel darah merah. Dan jika tidak segera ditangani, anemia dapat berpengaruh buruk pada kesehatan bumil dan janin, seperti komplikasi hingga keguguran.

Karena itu, Moms perlu tambahan asupan sumber zat besi untuk memenuhi kebutuhan produksi darah dalam tubuh. Beragam makanan berikut ini bisa Anda konsumsi secara rutin agar mencegah terjadinya gejala anemia, seperti kelelahan dan lemas saat beraktivitas.

1. Daging

Daging merah diketahui menjadi sumber zat besi dengan kandungannya yang cukup tinggi. Dikutip dari hasil penelitian di University of California San Francisco, bumil dianjurkan untuk mengonsumsi daging sapi, daging kambing, hati sapi, maupun hati ayam. Namun, saat mengolahnya, pastikan daging sudah matang dengan sempurna ya Moms, sehingga tidak membahayakan tubuh Anda maupun janin.

2. Sayuran hijau

Berbagai jenis sayuran memang menjadi sumber nutrisi yang terbaik bagi tubuh. Sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan kangkung diketahui mengandung zat besi, asam folat, dan beta karoten. Jika mengonsumsi nutrisi tersebut, risiko terkena anemia bisa dicegah sekaligus membantu pertumbuhan paru-paru pada janin dan menjaga kesehatan organ pernapasannya. Beberapa macam sayuran seperti brokoli dan kale juga mengandung vitamin C yang berperan membantu penyerapan zat besi menjadi lebih maksimal.

3. Buah-buahan

Tak hanya sayuran, Moms juga perlu mengonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk, pisang, delima, semangka, serta tomat. Beragam buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folat, serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Produksi darah merah juga menjadi lebih optimal dengan mengonsumsi buah-buahan, sehingga bisa mencegah terjadinya anemia pada bumil.

4. Sereal

Sereal dan oats dari gandum juga menjadi sumber zat besi yang mampu mencegah anemia saat Moms hamil. Di dalamnya terkandung mineral esensial, seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, selenium, dan zinc. Pilihlah sereal yang aman dikonsumsi bumil secara rutin, seperti oatmeal atau white flake.

5. Cokelat hitam

Jenis cokelat hitam (dark chocolate) juga baik untuk mencegah anemia, karena mengandung zat besi dan antioksidan di dalamnya. Sekitar satu ons cokelat hitam mengandung 3,3 mg zat besi atau sekitar 18 persen dari kebutuhan harian. Namun, pastikan cokelat hitam yang Anda konsumsi tersebut murni tanpa tambahan gula ya, Moms.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Sumber protein nabati, yaitu kacang-kacangan dan biji-bijian, juga mampu menjadi pencegah anemia pada ibu hamil. Misalnya, 1 ons kacang almond yang Moms konsumsi dapat memenuhi 6 persen kebutuhan zat besi dalam tubuh. Kacang hijau dan kacang kedelai juga diketahui dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan membantu penyerapan nutrisi serta protein. Jenis kacang dan biji lain, seperti kacang merah, buncis, kacang polong, kacang hitam, lentil, biji labu, dan pistachio juga bisa menjadi pilihan yang bisa Anda nikmati setiap hari.

Beragam makanan tersebut bisa membantu mencegah terjadinya kekurangan darah di masa kehamilan. Namun, pastikan juga untuk tetap berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai porsi yang tepat agar tidak terjadi komplikasi lainnya ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Frombump to birth