Type Keyword(s) to Search
BABY

Inspirasi Nama Bayi Bermakna Matahari dalam Berbagai Bahasa

Inspirasi Nama Bayi Bermakna Matahari dalam Berbagai Bahasa

Matahari identik dengan sinarnya yang menerangi bumi setiap hari. Hal ini menggambarkan sosok yang hangat, kuat, dan ceria, sama seperti harapan orang tua terhadap Si Kecil. Moms dan Dads pun bisa memberikan buah hati Anda nama yang terinspirasi dan bermakna matahari dari beberapa pilihan nama berikut.

1. Apollo/Apollonia

Apollo atau Apollonia adalah sebutan untuk Dewa Matahari dari Yunani. Namanya terdengar kuat dan bisa menunjukkan kesukaan Si Kecil pada kesenian, seperti musik atau puisi nantinya.

2. Arun/Arunika

Arun merupakan nama dari bahasa Hindi, sedangkan Arunika berasal dari bahasa Sanskerta. Keduanya memiliki arti "sinar matahari" yang cocok untuk Si Kecil laki-laki dan perempuan.

3. Eliana/Elio

Nama Eliana dan Elio cukup populer di beberapa negara, seperti Spanyol, Prancis, Portugal, dan Rusia. Jika Elio merupakan nama lain dari Dewa Matahari Helios, Eliana bermakna "putri matahari" yang cantik.

4. Kyros/Kyra

Kyros atau Kyra juga bisa diberikan sebagai nama untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan Anda, Moms dan Dads. Nama dalam bahasa Persia ini memiliki arti matahari yang sebenarnya.

5. Matahari/Mentari

Sebutan Matahari memang bisa langsung disematkan sebagai nama untuk Si Kecil. Bahkan khusus untuk bayi perempuan, Anda bisa menggunakan nama Mentari yang juga merupakan sinonim dari matahari.

6. Thea/Theo

Nama Thea atau Theo merupakan kependekan dari beberapa nama seperti Dorothea atau Theodora. Thea sendiri merupakan Dewi Matahari, Fajar, dan Bulan dalam mitologi Yunani. Nama ini memiliki citra yang tenang dan artistik, namun sensitif pada hal-hal di sekitarnya.

7. Aditya

Aditya menjadi nama dalam bahasa Sanskerta yang berarti "matahari". Nama ini cukup populer untuk nama anak laki-laki, terutama di Indonesia.


8. Alba

Makna "sinar matahari" juga terdapat pada nama Alba untuk bayi perempuan Anda. Pengucapannya yang cantik juga memberikan citra yang kuat, seperti aktris Hollywood, Jessica Alba.

9. Aurora

Nama indah lain yang bermakna Dewi Matahari adalah Aurora. Dewi ini juga dikenal memiliki air mata yang bisa berubah menjadi embun. Aurora juga menjadi sebutan cahaya yang hanya tampak di wilayah kutub utara dan kutub selatan.

10. Bagaskara

Nama Bagaskara memiliki arti "panas matahari atau hari yang panas". Nama yang bisa disematkan pada anak laki-laki ini bisa menjadi harapan bahwa Si Kecil putra Anda dapat menjadi cahaya penerangan bagi orang-orang di sekitarnya.

11. Ishan

Ishan merupakan nama dalam bahasa Hindi untuk anak laki-laki. Selain bermakna matahari, istilah "ish" dalam nama ini juga memiliki arti "kekuatan tak terlihat" dalam bahasa Sanskerta.

12. Kalinda

Nama dalam bahasa Hindi lain yang bermakna "matahari" adalah Kalinda. Nama ini pun bisa dikaitkan dengan Pegunungan Kalinda di India, yang mengalirkan air dari sungai suci.

13. Levant

Nama Levant juga memiliki makna arah matahari terbit dan sangat populer di Turki. Nama ini cocok untuk bayi laki-laki Anda, yang memberi kesan kuat serta rupawan.

14. Surya

Menurut kepercayaan Hindu, nama Surya sebagai Dewa Matahari juga pas disematkan untuk nama bayi laki-laki.

15. Sunniva

Untuk bayi perempuan, nama Sunniva asal Norwegia ini juga bisa Moms pilih. Nama ini memiliki arti "hadiah matahari", yang memiliki kesan ceria untuk Si Kecil. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)