Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Penyebab Seks Terasa Nyeri saat Anda Tengah Hamil

7 Penyebab Seks Terasa Nyeri saat Anda Tengah Hamil

Walau sedang hamil, bukan berarti gairah seks Anda hilang ditelan bumi, lho! Berapa pun usia kehamilan Anda, hasrat untuk berhubungan intim tetap ada. Mungkin ada masanya libido bumil menurun, seperti di awal kehamilan saat morning sickness sedang menyerang. Meskipun begitu, hasrat tersebut bisa melonjak di trimester 2 dan 3. Bahkan kesempatan Anda untuk orgasme ganda meningkat saat berhubungan seks di trimester 2 lho, Moms.

Baca juga: Orgasme saat Hamil, Apakah Membahayakan Janin? Tak Perlu Khawatir, Moms!

Sayangnya, beberapa wanita justru merasakan nyeri saat berhubungan intim ketika mereka sedang hamil. Jika Anda salah satunya, jangan khawatir berlebih, Moms. Yuk, kenali penyebab seks nyeri saat tengah hamil dan kapan rasa nyeri tersebut harus dikonsultasikan ke dokter.

1. Infeksi saluran kemih

Kehamilan akan memberikan banyak perubahan pada tubuh yang membuat bumil lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih atau ISK. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri vaginosis di uretra atau saluran kemih. Ketika bumil mengalami ISK, tidak hanya berkemih yang bisa terasa nyeri, seks juga bisa terasa nyeri. Seberapa besar rasa nyeri yang dirasakan tentu saja berbeda-beda pada tiap orang dan pada tiap usia kehamilan. Jangan disepelekan, ISK harus segera ditangani dengan tepat ya, Moms.

2. Kram perut

Menurut dokter Jessica Shepherd, dokter spesialis obgyn di Baylor University Medical Center, Amerika Serikat, beberapa wanita mengalami kram perut di awal-awal kehamilan yang bisa memicu nyeri saat berhubungan intim. Sebenarnya ini tidak selalu tanda bahaya, tapi jika intensitas kram tersebut sudah makin sering, maka segera konsultasikan ke dokter dan hindari berhubungan intim hingga dokter memberikan "lampu hijau".

3. Kista

Dalam kasus yang agak jarang terjadi, kista di rahim bisa membuat wanita merasa nyeri ketika berhubungan intim saat hamil. Kasus ini disebut dengan kista corpus luteum, yang sulit untuk hilang begitu saja tanpa tindakan. Mengutip The Bump, nyeri karena kista corpus luteum ini bisa terasa seperti kram menstruasi. Hal ini lebih sering terjadi di trimester pertama.

4. Pembengkakan vagina

Saat hamil, perubahan hormon di tubuh Anda bisa meningkatkan peredaran darah yang membuat pembuluh darah ikut melebar. Sayangnya, hal ini membuat pembuluh darah tidak berfungsi sebaik sebelum hamil dan bisa menyebabkan keluhan pembengkakan vagina. Hal ini tentu saja bisa membuat bumil merasa nyeri saat berhubungan intim, karena vagina membesar dan terasa lebih kencang.

5. Varises rahim

Melebarnya pembuluh darah bisa menyebabkan varises di rahim atau yang sering disebut pelvic congestion. Hal ini menyebabkan bumil merasakan ada tekanan besar pada area vaginanya. Jika berhubungan intim saat sedang varises rahim, maka bumil kerap merasa nyeri hebat di rahim. Hal ini lebih umum terjadi di kehamilan trimester 2 atau usia 14-27 minggu.

6. Peregangan panggul

Di trimester 3, panggul ibu hamil mulai meregang. Ini adalah salah satu signal dari tubuh untuk menyambut lahirnya Si Kecil dan membuka jalan persalinan. Ini proses yang sangat penting untuk membantu Anda melahirkan, tapi di lain sisi, kondisi ini juga bisa membuat Anda merasakan nyeri saat berhubungan intim. Padahal, seks di trimester 3 seharusnya terasa sangat membara lho, Moms.

7. Perut membesar

Makin besar kehamilan Anda, makin meregang pula rahim Anda. Hal ini tidak hanya akan membatasi gerak bumil, tapi juga merasakan lebih nyeri saat berhubungan intim. "Hampir semua penyebab dari keluhan nyeri seks saat hamil berkaitan dengan rahim membesar," ujar dokter Mary Jane Minkin, dokter spesialis obgyn di Yale New Haven Health, pada The Bump. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)