Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Bahan MPASI yang Punya Kandungan Zinc Tinggi

5 Bahan MPASI yang Punya Kandungan Zinc Tinggi

Moms perlu tahu, zinc merupakan mineral esensial yang perlu ada di MPASI bayi. Mineral yang satu ini sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil, termasuk mengoptimalkan sistem imun tubuhnya.

Mengutip WebMD, zinc juga berguna untuk mengurangi risiko defisiensi mineral yang berkaitan dengan daya ingat, kemampuan belajar, fokus, dan infeksi tubuh. Kekurangan zinc juga merupakan masalah utama di negara berkembang lho, Moms.

Bolehkah memberikan suplemen zinc untuk memenuhi kebutuhan harian anak? Tentu boleh, Moms. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), suplementasi zinc terbukti dapat menurunkan insiden diare dan pneumonia, mendukung pertumbuhan linear dan memiliki efek positif dalam menurunkan angka kematian terkait penyakit infeksi. Suplementasi zinc diberikan rutin selama minimal 2 bulan setiap 6 bulan sekali, pada bayi usia 6-23 bulan.

Walau boleh memberikan suplemen zinc untuk anak, tentunya akan lebih baik jika anak tetap diberikan makanan alami yang kaya kandungan zinc. Tertarik mencoba MPASI dengan bahan makanan tinggi zinc? Coba beberapa makanan kaya zinc berikut ini, yuk!

1. Daging sapi

Daging sapi adalah contoh makanan enak, mudah didapat, dan kaya kandungan zinc. Mengutip Healthline, dalam 100 gram daging sapi mentah terdapat 4,8 mg zinc. Ini tentu baik untuk memenuhi 44 persen kebutuhan harian zinc pada anak. Jumlah tersebut juga memberikan anak 176 kalori, 20 gram protein, dan 10 gram lemak. Masih banyak vitamin dan mineral lainnya, semuanya penting untuk ada di MPASI anak.

2. Biji-bijian

Selain kaya serat dan lemak sehat, biji-bijian juga tinggi zinc lho, Moms. Contoh biji-bijian yang tepat untuk MPASI adalah wijen, biji labu, dan quinoa. Namun, sebelum menghaluskannya ke MPASI bayi, pastikan dulu Si Kecil telah mendapat "lampu hijau" dari dokter, ya. Pastikan juga ia tidak menunjukkan reaksi alergi pada MPASI yang mengandung biji-bijian.

3. Kacang-kacangan

Untuk membantu memenuhi kebutuhan zinc Si Kecil, Moms bisa memberikan kacang tanah, kacang mete, dan almond. Semua jenis kacang tersebut baik untuk memberikan lemak sehat, serat, dan berbagai vitamin dan mineral, termasuk zinc. Kacang mete adalah jenis kacang yang mengandung zinc paling tinggi.

Kacang mete sebanyak 28 gram bisa membantu memenuhi 15 persen kebutuhan harian zinc anak. Namun, sebelum memberikan MPASI kacang-kacangan, pastikan berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu ya, Moms. Jangan lupa catat di diari MPASI anak untuk melihat apakah muncul reaksi alergi setelah Anda memberinya kacang-kacangan.

4. Produk susu

Kami mengerti, bayi di bawah 1 tahun memang tidak seharusnya diberikan susu sapi. Sebagai gantinya, Moms bisa memberikan mentega, yoghurt, atau keju pada MPASI anak untuk mendapatkan kandungan zinc. Sebagai contoh, 100 gram keju cheddar bisa membantu memenuhi 28 persen kebutuhan harian zinc anak, sedangkan segelas susu sapi hanya membantu memenuhi 9 persen kebutuhan hariannya. Sekali lagi, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan produk susu untuk MPASI anak di bawah 1 tahun ya, Moms.

5. Telur ayam

Walau tidak terlalu signifikan, telur ayam bisa membantu memenuhi kebutuhan harian anak akan zinc. Dalam sebutir telur ayam juga terkandung 77 kalori, 6 gram protein, 5 gram lemak sehat, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin B dan selenium.

Baca juga: Panduan MPASI Telur untuk Bayi di Bawah 12 Bulan

Sebutir telur juga sangat membantu untuk menyediakan kolin, zat yang sangat baik guna mendukung sistem saraf dan meningkatkan metabolisme anak. Kekurangan kolin bisa menyebabkan penyakit jantung, gangguan neurologis, dan bahkan kanker lho, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)