Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Kaya Vitamin A dan C, Ini Ragam Manfaat Kiwi untuk Ibu Hamil

Kaya Vitamin A dan C, Ini Ragam Manfaat Kiwi untuk Ibu Hamil

Dari banyaknya ragam buah-buahan yang ada, kiwi menjadi salah satu buah yang baik untuk dijadikan camilan selama Moms hamil. Dengan rasa dan tekstur yang unik, kiwi memiliki kelezatannya tersendiri ketika dikonsumsi langsung, dijadikan jus, atau diolah menjadi salad dengan tambahan yoghurt dan roti.

Kiwi sendiri kaya akan nutrisi, di antaranya vitamin A, vitamin C, Vitamin E dan K, serta kalium, kalsium, dan asam folat. Semua nutrisi tersebut tentunya akan bermanfaat baik untuk kesehatan bumil serta perkembangan janin dalam kandungan. Jika Anda ingin tahu apa saja sih, manfaat kiwi, simak ulasan lengkapnya berikut ini, Moms.

1. Menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C dan zinc sebagai antioksidan dalam kiwi bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Dengan rutin mengonsumsi kiwi, bumil pun akan terhindar dari risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia dan gangguan plasenta. Daya tahan tubuh juga menjadi meningkat, sehingga Moms tidak mudah terinfeksi atau mengalami sakit selama mengandung dan janin pun terjaga kesehatannya.

2. Mengoptimalkan perkembangan otak dan saraf janin

Asam folat sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mendukung perkembangan otak dan pembentukan jaringan saraf janin. Asam folat bisa Moms dapatkan dengan rutin mengonsumsi buah kiwi. Dengan tercukupinya kebutuhan asam folat selama kehamilan, risiko terjadinya cacat bawaan lahir seperti spina bifida pada bayi dapat dicegah sedini mungkin.

3. Menjaga penambahan berat badan

Kiwi juga mampu membantu menjaga pertambahan berat badan Moms saat hamil secara konstan dan akan mencegah Anda mengalami kegemukan di masa kehamilan. Melonjaknya berat badan saat hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes gestasional. Buah ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah dan kiwi juga dapat mengikat lemak dengan bantuan kandungan seratnya yang tinggi.

4. Mencegah masalah pencernaan

Ibu hamil memang rentan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Kandungan serat dan enzim actinidin di dalam kiwi dapat membantu mencerna protein menjadi asam amino. Dengan begitu, risiko masalah pencernaan juga bisa dicegah dan teratasi.

5. Tekanan darah terjaga dengan stabil

Tekanan darah selama kehamilan perlu Anda jaga agar tetap stabil. Jika tidak, maka risiko komplikasi serius, seperti preeklampsia, kerusakan organ dalam, dan keguguran, bisa meningkat. Untuk menstabilkannya, Moms perlu mengonsumsi kiwi yang mengandung kalium serta membatasi konsumsi garam pada makanan.

6. Mengatasi masalah kulit

Moms mungkin merasakan timbulnya masalah pada kulit Anda selama menjalani masa kehamilan. Hal ini wajar dialami oleh bumil. Namun jika dirasakan mengganggu, masalah tersebut bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi kiwi. Kandungan zat aktif pada kiwi yang baik untuk tubuh dapat mencegah munculnya jerawat, komedo, serta bintik hitam yang mengganggu selama kehamilan.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Bumil wajib memiliki kualitas dan durasi tidur yang baik, sebagai kunci untuk menjaga kehamilan yang sehat. Untuk itu, Moms dapat mencoba mengonsumsi buah kiwi setidaknya satu jam sebelum tidur. Menurut penelitian, kiwi mengandung antioksidan serta serotonin yang tinggi untuk membuat bumil bisa tidur lebih cepat dan lebih pulas. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)