Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Waspada! Ini 7 Faktor Pemicu Terjadinya Serangan Jantung

Waspada! Ini 7 Faktor Pemicu Terjadinya Serangan Jantung

Salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang adalah serangan jantung. Penyakit ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada aliran darah yang mengarah ke jantung. Penyumbatan pembuluh darah ini berupa kolesterol, penumpukan lemak, hingga adanya zat lain yang membentuk plak di arteri yang pecah dan membentuk gumpalan.

Serangan jantung memang digambarkan sebagai kondisi yang mendadak atau terjadi secara tiba-tiba. Namun, kondisi ini juga bisa muncul karena dipicu oleh beberapa hal yang mungkin Moms dan Dads tidak sadari sebelumnya. Nah, agar lebih jelas, kenali penyebab umum yang memicu serangan jantung berikut ini!

1. Emosi berlebihan dan stres

Tekanan mental yang Anda rasakan ketika marah, sedih berlebihan, hingga stres dapat menjadi penyebab munculnya serangan jantung. Sebab, situasi mental seperti ini membuat tubuh mengeluarkan hormon kortisol yang membuat pembuluh darah menjadi kaku. Sedangkan hormon norepinephrine yang juga muncul dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah. Karenanya, Anda perlu berlatih untuk bisa mengelola stres dengan baik sebagai cara untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Aktivitas fisik yang terlalu berat

Sebelum berolahraga, Moms dan Dads selalu diminta untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini untuk mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, terutama yang akibatkan oleh aktivitas fisik yang terlalu berat. Maka, bagi Anda yang baru memulai rutin berolahraga dianjurkan untuk melakukan gerakan yang ringan atau low impact terlebih dulu.

3. Makan berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang justru bisa membahayakan. Tidak hanya aktivitas fisik, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan. Apalagi, jika jenis makanannya tinggi karbohidrat dan lemak, yang akan membuat darah jadi lebih mudah mengental. Situasi tersebut membuat pembuluh darah berkontraksi, tubuh menjadi intens, serta kinerja jantung menjadi lebih berat daripada biasanya.

4. Riwayat penyakit dari keluarga

Penyakit jantung bisa saja diturunkan secara genetik dari orang tua ke Anda ataupun Si Kecil. Akan lebih baik jika Anda mulai mengecek kondisi kesehatan seluruh anggota keluarga untuk bisa mengantisipasi berbagai kondisi, seperti serangan jantung.

5. Faktor usia

Usia setiap manusia tentu akan bertambah, sehingga makin tinggi pula seseorang berisiko mengalami penyakit seperti serangan jantung. Menurut penelitian, penyakit ini umumnya terjadi pada pria di usia 45 tahun serta wanita di usia 55 tahun atau yang sudah mengalami menopause dini.

6. Perubahan suhu yang ekstrem

Perubahan cuaca dan suhu yang terjadi secara ekstrem juga bisa memicu munculnya serangan jantung. Kasus yang cukup sering terjadi adalah suhu yang tiba-tiba menjadi dingin, sehingga membuat tekanan darah bisa meningkat secara drastis.

7. Penyakit berbahaya lainnya

Serangan jantung juga bisa dipicu oleh kondisi penyakit bawaan lainnya, seperti diabetes, hipertensi, ataupun obesitas yang dialami. Kondisi-kondisi ini bisa muncul karena pola hidup yang kurang sehat, seperti makan tanpa memperhatikan nutrisi, merokok, serta mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Oleh sebab itu, mari mulai mengubah pola hidup Anda dan seluruh anggota keluarga menjadi lebih sehat, rutin berolahraga, serta merasa bahagia dengan pengelolaan stres yang baik. Dengan begitu, diharapkan tubuh tetap selalu terjaga kesehatannya dan Anda terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle