Type Keyword(s) to Search

Usir Jerawat Akibat Pemakaian Masker dengan Cara Ini

Usir Jerawat Akibat Pemakaian Masker dengan Cara Ini
Beauty photo created by gpointstudio - www.freepik.com

Selama masa pandemi COVID-19, penggunaan masker telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Masker merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona.

Namun bagi sebagian orang, pemakaian masker bisa menimbulkan masalah kulit. Ya, pemakaian masker untuk periode yang lama bisa memicu timbulnya jerawat atau yang biasa disebut dengan istilah maskne (mask acne).

Maskne biasanya muncul di area wajah yang tertutup masker, seperti pada dagu, hidung, dan pipi bagian bawah. Dan seperti kebanyakan jerawat, maskne dapat mengganggu penampilan, menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman, serta meninggalkan bekas di kulit wajah.

Penyebab munculnya maskne

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu munculnya maskne. Pertama adalah karena adanya gesekan kulit wajah dengan masker. Gesekan inilah yang bisa memicu iritasi dan peradangan pada kulit. Lama-kelamaan, peradangan ini akan bertambah parah sehingga kulit wajah pun mudah ditumbuhi jerawat.

Selain adanya peradangan, maskne bisa muncul karena sirkulasi udara di bawah masker yang tidak lancar. Ketika Anda berbicara atau menghela napas saat mengenakan masker, maka hawa panas akan terjebak di bawah masker dan membuat kulit wajah berkeringat. Kondisi ini bisa menjadi sarana bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biang sehingga memicu munculnya jerawat.

Mengatasi maskne

Guna mengurangi risiko munculnya maskne, Anda perlu mengganti masker sesering mungkin, terutama jika terasa sudah lembap atau basah. Apabila Anda menggunakan masker kain, pastikan Anda mencucinya dengan bersih dan mengeringkannya dengan sempurna sebelum digunakan lagi.

Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan wajah Anda, terutama setelah seharian mengenakan masker dan makeup. Campuran dari keringat dan sisa makeup juga bisa memicu munculnya jerawat, lho!

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Natur Miracle Balancing Rose Spray! Baru dirilis pada 26 Juli 2021, produk dari Natur Skin Care ini memiliki kandungan rose water dan madu.


Produk setting spray yang satu ini diklaim mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit wajah sehingga meminimalisasi risiko munculnya jerawat pada permukaan kulit yang diakibatkan oleh penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, Natur Miracle Balancing Rose Spray juga mengandung natural hyaluronate dan antipollutan yang terbukti ampuh memberikan kelembapan ekstra pada kulit wajah.

Nah, yang tak kalah penting, Natur Miracle Balancing Rose Spray dirancang untuk mencegah makeup transfer. Hal ini tentu sangat praktis bagi Moms yang bekerja sehingga tak perlu berulang kali touch up karena riasannya luntur atau menempel di masker.

"Spray-nya cepat banget meresap. Disemprot berkali-kali pun tidak membuat makeup menggumpal. Makeup juga jadi tidak transfer ke masker," kata Andi Andalusia, makeup artist profesional.

Natur Miracle Balancing Rose Spray terbuat dari bahan-bahan alami sehingga Anda tak perlu khawatir. Produk ini sudah bisa didapatkan di Natur Official Store di Shopee dengan harga 87 ribu rupiah. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)