Type Keyword(s) to Search
BABY

Ragam Perlengkapan yang Wajib Ada untuk Bayi Baru Lahir

Ragam Perlengkapan yang Wajib Ada untuk Bayi Baru Lahir

Hari perkiraan lahir Si Kecil sudah semakin dekat. Moms dan Dads tentu telah menyiapkan mental maupun fisik untuk menyambut kelahiran buah hati di tengah keluarga. Di samping itu, Anda pun perlu memenuhi daftar perlengkapan yang wajib ada untuk merawat bayi yang baru lahir.

Biasanya perlengkapan ini sudah ditata rapi di tas siaga bersamaan dengan keperluan Moms, agar mudah dibawa ketika waktu melahirkan tiba. Tidak hanya bantal, baju, atau perlak, tetapi juga barang-barang lain yang bersifat penting. Intip daftar perlengkapan yang dibutuhkan bayi baru lahir berikut ini, yuk!

1. Popok

Setelah proses inisiasi menyusui dini, bayi Anda yang baru lahir akan buang air besar dan buang air kecil, dan ia akan sering melakukan hal tersebut. Untuk itu, Moms bisa memakaikannya popok sekali pakai ataupun popok kain sebagai pilihan yang lebih baik. Ini akan menghindari risiko masalah kulit, seperti iritasi kulit dan ruam popok pada bayi.

2. Baju dan kaus dalam

Tubuh Si Kecil yang mungil membuatnya mudah kedinginan. Moms dapat memakaikannya baju berbahan katun yang nyaman untuk bayi Anda. Jika ingin memberikan bayi pakaian berlapis, pastikan kain yang dipilih mudah menyerap keringat Si Kecil. Sebelum dipakai, Moms harus mencuci baju maupun popok agar lebih higienis dan tidak menimbulkan gangguan pada kulit Si Kecil nantinya.

3. Perlengkapan mandi

Tidak ada salahnya jika Moms membawa beberapa perlengkapan mandi, seperti waslap, handuk, baby cream, dan minyak telon. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menggunakan bak mandi yang sudah disiapkan untuk Si Kecil. Bayi baru lahir tidak perlu dimandikan terlalu sering, tetapi Moms tetap bisa membersihkan tubuhnya dengan sabun khusus bayi yang tidak mengandung pewangi dan SLS.

4. Perlengkapan tidur

Agar bayi tidur lebih nyaman, Moms bisa memberikan alas perlak di tempat tidurnya. Selain menghangatkan, perlak juga dapat menjaga area tidur tidak basah ketika Si Kecil mengompol. Siapkan juga kain bedong sebagai pengganti selimut. Namun jangan lilitkan kain bedong terlalu ketat pada tubuh bayi ya Moms, agar Si Kecil tetap dapat bergerak dan bernapas.

Setelah pulang ke rumah, Anda pun bisa menidurkan bayi di tempat tidurnya sendiri. Jangan mengisi tempat tidurnya dengan boneka atau bantal yang dapat membuat bayi mengalami gangguan pernapasan dan meningkatkan risiko SIDS atau sindrom bayi mati mendadak.

5. Pompa dan wadah ASI

Bayi membutuhkan ASI untuk asupan nutrisinya agar bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Agar fase menyusui semakin lancar, Moms bisa memompa ASI menggunakan pompa manual ataupun elektrik. Lalu, simpan ASI di dalam wadah botol kaca ataupun kantong susu dan disimpan di dalam freezer. Moms bisa mengenakan apron serta menggunakan bantal khusus menyusui agar Anda dan bayi lebih nyaman saat proses menyusui.

6. Alat pembersih botol

Wadah penyimpanan serta pompa ASI yang digunakan selama proses menyusui perlu dijaga higienitasnya. Maka, Moms perlu menyiapkan alat dan sabun khusus untuk membersihkan peralatan tersebut. Setelah dicuci, masukkan peralatan menyusui hingga mainan bayi ke dalam sterilizer untuk membunuh bakteri yang menempel.

7. Buku harian

Selain memanfaatkan buku Kesehatan Ibu dan Anak, Moms juga perlu memiliki buku harian lainnya. Pada buku tersebut, Anda bisa menuliskan proses tumbuh kembang Si Kecil dengan bahasa Anda sendiri, dan bisa menjadi kenangan manis di masa depan.

Untuk berbagai perlengkapan lain, seperti stroller dan baby swing, barang-barang tersebut bisa Anda beli seiring bertambahnya usia buah hati. Jadi, sudah siapkan Moms dan Dads menjadi orang tua siaga untuk Si Kecil? Selamat menjalani kehidupan baru bersama keluarga kecil Anda. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)