Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ibu Hamil Makan Buah Nangka, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

Ibu Hamil Makan Buah Nangka, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

Nangka merupakan salah satu buah yang populer dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Moms juga tentunya familiar dengan buah ini, kan? Buah berukuran besar dengan daging berwarna kekuningan ini disukai karena memiliki rasa manis yang khas.

Karena itu, tak heran jika banyak yang suka memakannya. Bahkan, tak sedikit ibu hamil yang tertarik untuk ikutan menyantapnya, walau ada mitos yang mengatakan bahwa makan nangka dapat menyebabkan keguguran. Berdasarkan penelitian, nangka aman dikonsumsi saat hamil selama tidak berlebihan.

Nangka sendiri diketahui kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena kaya akan kalori, serat, protein, vitamin A, B, C, kalium, folat, zat besi, kalsium, dan magnesium. Dari berbagai kandungan baiknya tersebut, nangka memberikan banyak manfaat baik untuk Moms maupun janin selama kehamilan. Berbagai khasiat tersebut di antaranya adalah:

1. Mencegah hipertensi saat hamil

Salah satu kondisi yang cukup rentan dialami ibu hamil adalah preeklampsia. Untuk mengontrol tekanan darah tetap normal, Moms bisa mengonsumsi buah nangka. Kandungan kalium dan antioksidan di dalamnya dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi, termasuk preeklampsia.

2. Mengatasi sembelit

Masalah konstipasi pada masa kehamilan memang bisa sangat mengganggu. Keluhan ini pun bisa Moms cegah dan atasi dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Buah nangka bisa menjadi pilihan untuk Anda konsumsi guna menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik dan terhindar dari masalah seperti sembelit atau sulit BAB.

3. Mengontrol kadar gula darah

Nangka memiliki rasa manis menyegarkan dan punya indeks glikemik rendah. Hal ini akan membantu tubuh bumil dalam mengontrol kadar gula dalam darah agar tidak melonjak. Efeknya tentu akan mencegah Anda mengalami risiko obesitas atau pertambahan berat badan berlebih serta diabetes melitus.

4. Mencegah anemia

Ibu hamil juga berisiko mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Untuk mencegah Moms mengalami gejala seperti mudah lelah, mengonsumsi buah nangka bisa menjadi solusi. Kandungan asam folat dan zat besi di dalamnya akan membantu menormalkan kadar hemoglobin dalam darah, sehingga proses tumbuh kembang janin tetap optimal.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C, protein, dan antioksidan pada nangka juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh bumil. Dengan imunitas yang kuat, maka Moms akan terhindar dari paparan virus dan bakteri serta tidak mudah sakit. Adanya kadar kalori yang cukup juga membuat nangka baik sebagai sumber energi bagi Anda selama hamil.

6. Mendukung tumbuh kembang janin

Banyaknya kandungan nutrisi di dalam nangka pun mampu mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Vitamin A dapat menjaga kesehatan mata Moms dan janin. Begitu juga magnesium dan kalsium yang mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi janin.

Hindari mengonsumsi nangka berlebihan

Meski kaya akan manfaat, bumil tetap perlu menjaga porsi buah nangka yang dikonsumsi. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan Anda maupun janin. Risiko tersebut antara lain:

* Sakit Perut. Meski dapat mengatasi sembelit, memakan buah nangka terlalu banyak justru bisa membuat perut menjadi tidak nyaman. Bumil akan merasakan mulas yang mengganggu hingga mengalami diare.

* Gula Darah Meningkat. Ibu yang memiliki riwayat diabetes sayangnya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nangka terlalu sering. Kadar glukosa yang ada justru akan memengaruhi jumlah gula darah pada bumil yang sudah mengalami diabetes gestasional.

* Reaksi Alergi. Getah pada buah-buahan seperti nangka memang bisa memicu reaksi alergi, terutama pada ibu hamil. Gejala yang akan muncul adalah gatal, ruam, biduran, bersin, batuk, hingga sesak napas. Selain porsinya tidak berlebih, pastikan juga getah pada nangka sudah dibersihkan dahulu.

* Pemicu Pembekuan Darah. Menurut buku Natural Standard Herb and Supplement Guide, buah nangka dapat memicu terjadinya koagulasi atau pengentalan darah. Hal ini tentu sangat berbahaya jika dialami oleh ibu hamil yang terlalu banyak mengonsumsi buah nangka. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)