Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Efektif, Ini 7 Cara Menambah Berat Janin dalam Kandungan

Efektif, Ini 7 Cara Menambah Berat Janin dalam Kandungan
Efektif, Ini 7 Cara Menambah Berat Janin Dalam Kandungan! (Foto: Dok. Freepik)

Moms, selama masa kehamilan Anda tentu ingin memastikan janin di dalam kandungan selalu dalam keadaan sehat, salah satunya adalah dengan memastikan berat janin di dalam kandungan ideal. Pasalnya, berat badan janin yang kurang akan membuat Si Kecil mengalami berbagai gangguan kesehatan yang bisa mengancam tumbuh kembangnya.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab berat janin di dalam kandungan tidak ideal, seperti metabolisme dalam tubuh, bumil kehilangan nafsu makan akibat morning sickness yang dialami, atau adanya kondisi medis tertentu yang dimiliki.

Oleh karena itu, Moms perlu terus memantau berat janin di dalam kandungan, sehingga Si Kecil bisa lahir dengan normal dan terhindar dari gangguan kesehatan. Lantas, bagaimana cara menambah berat badan janin Anda di dalam kandungan? Intip caranya berikut ini, Moms!

1. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang

Cara utama untuk menambah berat badan janin di dalam kandungan adalah dengan memastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Selama kehamilan, Anda perlu meningkatkan asupan kalori serta memperbanyak konsumsi makanan tinggi protein, asam folat, dan lemak sehat.

Hindari menyantap makanan tinggi lemak, karena malah justru bisa meningkatkan berat badan Anda, bukan janin di dalam kandungan. Asupan makanan tinggi lemak dapat membuat Anda rentan terhadap obesitas, yang pada gilirannya meningkatkan kemungkinan kolesterol dan hipertensi. Tak hanya itu, menyantap makanan tidak sehat selama kehamilan juga bisa memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan janin.

2. Mengonsumsi vitamin kehamilan

Mengonsumsi vitamin prenatal akan membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan dengan tepat, termasuk membantu menambah beratnya. Namun, sebelum mengonsumsi vitamin kehamilan, pastikan Moms telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kebutuhan vitamin dan dosis yang tepat. Anda harus mengonsumsi vitamin ini secara teratur untuk mendapatkan berat janin yang ideal selama kehamilan.

3. Konsumsi kacang-kacangan sebagai camilan

Sebagai pilihan camilan yang sehat selama masa kehamilan, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Ini bisa membantu meningkatkan berat badan janin di dalam kandungan agar lebih ideal. Namun, Moms disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, karena hal tersebut juga dapat meningkatkan kadar gula darah.

4. Minum susu

Moms juga bisa menambah konsumsi susu sebagai cara untuk menambah berat badan janin di dalam kandungan sekaligus membantu mengoptimalkan pertumbuhannya. Sebuah artikel dalam Journal of Health Population Nutrition menunjukkan bahwa meningkatkan asupan susu selama kehamilan bisa membantu pertumbuhan janin dan menambah berat lahirnya. Ini karena susu mengandung banyak kalsium dan protein yang berperan penting terhadap tumbuh kembang janin.

5. Istirahat yang cukup

Ternyata, kelelahan dan kurang istirahat bisa berdampak pada pertumbuhan janin. Istirahat yang cukup juga penting untuk membantu menambah berat badan janin di dalam kandungan. Hindari aktivitas yang bisa membuat Anda merasa lebih cepat lelah selama masa kehamilan ya, Moms.

6. Tetap tenang dan positif

Selain menjaga kesehatan fisik, penting juga buat Moms menjaga kesehatan mental selama kehamilan. Segala jenis stres dan kecemasan dapat memengaruhi Anda dan janin di dalam kandungan. Ini bisa menyebabkan Anda makan berlebihan, kurang makan, atau membuat pilihan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Pada gilirannya, ini bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan dan berat badan janin.

7. Hindari merokok dan konsumsi alkohol

Selama kehamilan, sangat penting untuk menghindari dan menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol. Ini bisa menghambat tumbuh kembang janin di dalam kandungan, termasuk bisa membuat beratnya di bawah normal. Selain itu, kedua kebiasaan ini juga bisa berakibat fatal bagi Si Kecil karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. 

Mengonsumsi kafein dan minuman bersoda dalam jumlah banyak juga dapat berdampak negatif pada kesehatan janin.

Itulah 7 cara yang dapat Anda coba lakukan untuk menambah berat badan janin dalam kandungan. Lakukan juga konsultasi rutin dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan treatment yang tepat, agar Moms dan Si Kecil selalu sehat hingga waktu persalinan tiba. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)